Articles - Travel

29 June 2017 | 19.32 WIB

3 Cara Atasi Stres akibat Macet Saat Mudik

 

OneEast.co.id - Terjebak di tengah kemacetan merupakan hal yang paling menyebalkan, terlebih saat mudik seperti sekarang ini. Pasalnya, selain membuang waktu, hal ini bisa menyebabkan stres hingga mengganggu kesehatan. Nah, agar terhindar dari stres saat macet, dr Tun Kurniasih Bastaman, SpKJ(K) menyarankan Anda bisa melakukan beberapa trik berikut ini seperti yang dikutip dari laman SindoNews.com, Kamis (29/6/2017):

  1. Membayangkan hal yang indah

Membayangkan hal-hal yang Indah dan menyenangkan ketika tiba di kampung halaman maupun lokasi yang dituju akan membantu membuat perasaan kita lebih rileks dan tenang. Jadi dengan kita mensugesti, melakukan self suggestion bahwa ada hal-hal menarik yang akan dilakukan lebih memberikan dampak positif daripada memandang jalanan yang macet di depan mata Anda.

  1. Lakukan hal menyenangkan

Untuk pengguna kendaraan pribadi, bisa mengalihkan stres dengan melakukan kegiatan menyenangkan, seperti mendengarkan lagu, radio, menonton film atau bermain games.

  1. Mencari solusi

Salah satu tanda sehat jiwa adalah fleksibilitas, adaptasi, dan kemampuan mencari solusi sehingga tidak hanya terjebak di dalam suatu keadaan. Ketika hanya pasrah menerima keadaan terjebak macet, ini bisa menjadi sumber stres. "Bagi orang-orang yang fleksibel, akan lebih mudah bagi mereka menerima macet itu. Kalau nggak bisa beradaptasi bisa saja jengkel, marah, panik, cemas, bahkan depresi," pungkasnya.