Articles - Lifestyle

01 July 2017 | 13.37 WIB

3 Langkah Sederhana Menata Kamar agar Tidur Makin Nyenyak

 

OneEast.co.id – Anda membutuhkan istirahat yang cukup dan tidur berkualitas untuk mempersiapkan tenaga di esok hari. Apalagi jika aktivitas Anda di siang hari cukup melelahkan. Istirahat yang cukup tidak bisa ditawar lagi karena tubuh Anda membutuhkan recovery. Namun terkadang Anda tetap tak bisa tidur nyenyak. Jangan salah, dekorasi kamar tidur dapat mempengaruhi nyenyak atau tidaknya tidur Anda. Bagaimana cara menciptakan kamar yang nyaman agar tidur nyenyak? Simak ulasannya seperti yang dikutip dari laman Okezone.com, Sabtu (1/7/2017) berikut:

Penutup jendela yang buram

Sel-sel di dalam tubuh Anda memperbaiki diri saat tidur. Karena itu Anda butuh nuansa gelap di dalam kamar agar tak mudah terganggu. Penutup jendela yang buram membantu Anda mendapatkan suasana gelap yang berguna untuk tubuh. Penutup jendela yang buram tetap bisa menyaring cahaya matahari di pagi hari, sehingga Anda bisa bangun secara alami dengan sinar matahari. Sedangkan di siang hari, itu akan menjaga privasi Anda.

Komposisi warna yang menenangkan

Komposisi warna di kamar juga berpengaruh dalam membantu tidur nyenyak. Warna dingin seperti biru, abu-abu, dan ungu memberi efek yang lebih baik untuk menenangkan dan tidur nyenyak. Sedangkan warna bernada hangat seperti merah dan oranye memberi energi dan cenderung membuat Anda tetap terjaga di malam hari.

Dekorasi minimal

Dekorasi yang minimal di dalam kamar juga dapat membantu nyenyaknya tidur seseorang. Meski Anda akan menutup mata agar tertidur, namun jika terlalu banyak barang di kamar dan tidak tertata rapi, akan membuat Anda sulit tertidur. Jadi sebaiknya rapikan kamar dan keluarkan barang-barang yang tak benar-benar terpakai. Pastikan kamar Anda selalu rapi dan bersih agar pikiran Anda tak terganggu di waktu istirahat.