Articles - Property

20 February 2017 | 16.26 WIB

4 Bahan Ini Mampu Bersihkan Dapur dari Noda Bekas Masak, Nih...

OneEast.co.id - Aktivitas memasak bersama si kecil di dapur tentu menjadi rutinitas yang menarik dilakukan setiap akhir pekan. Hanya saja noda yang menempel di tiap perabotan dan furnitur dapur seringkali menjadi masalah.

Meski begitu, hal tersebut janganlah dijadikan masalah yang membatasi kebersamaan Anda dengan si kecil. Sebaiknya untuk melatih kedisplinan si kecil sejak dini maka Anda bisa mengajaknya untuk membersihkan dapur setelah menggunakannya.

Beragam cara pun dapat Anda lakukan, mulai dari membersihkan dapur dengan bahan-bahan kimia hingga bisa dilakukan dari bahan yang tersedia di dapur. Namun, sebaiknya Anda hindari bahan-bahan kimia untuk membersikan dapur dari kotoran setelah memasak.

Nah, berikut ini beberapa ulasan mengenai bahan-bahan dapur yang sekaligus juga bermanfaat untuk membersihkan perabotan hingga furnitur di dapur, seperti yang dilansir dari Housebeautiful beberapa waktu lalu.

1. Garam ampuh bersihkan panci alumunium

Biasanya, kerak bekas lemak atau minyak sulit sekali dihilangkan ketika selesai memasak menggunakan panci yang terbuat dari stainless steel. Maka dari itu, cara mudahnya Anda bisa menggunakan garam untuk membersihkan noda kerak yang membandel.

Caranya cukup tuangkan dua sendok makan minyak pada panci tersebut di atas api sedang, lalu jika sudah terasa hangat bisa tuangkan tiga sendok makan garam. Barulah, gunakan handuk untuk mengusapkan cairan tersebut ke seluruh bagian panci dan bilas dengan minyak sayur. 

2. Baking soda ampuh bersihkan lantai

Bila lantai dapur Anda penuh dengan noda setelah memasak sebaiknya gunakan baking soda untuk membersihkannya. Caranya Anda bisa campurkan setengah mangkuk baking soda ke dalam tujuh liter air. Kemudian gosokkan campuran tersebut menggunakan spons, dan lantai akan bersih kembali.

3. Cuka bisa membuat lantai berkilap

Sebelumnya, baking soda bisa menjadi solusi untuk menghilangkan noda yang sulit di lantai. Nah, untuk membuat lantai kembali berkilap maka Anda bisa gunakan cuka yang dicampur dengan air putih hangat, selanjutnya tinggal usapkan menggunakan kain lap, dan cukup ampuh membuat lantai kembali berkilap.

4. Kecap dapat bersihkan alat dapur

Terkadang, beberapa peralatan dapur seperti wajan, panci, dan perabotan lainnya yang terbuat dari tembaga atau kuningan sulit sekali dibersihkan. Nah, dari pada menggunakan bahan kimia yang malah bisa berdampak pada kulit, maka Anda bisa gunakan kecap sebagai bahan ampuh untuk membersihkannya. Caranya cukup tuangkan kecap pada spons dan gosokkan perlahan pada peralatan tersebut, lalu bilas dengan air hangat.

Selamat mencoba!