Articles - Lifestyle

11 October 2017 | 09.34 WIB

5 Makanan yang Seharusnya Tidak Dikonsumsi di Kantor

 

OneEast.co.id – Coba hitung berapa banyak teman atau kerabat di sekitar Anda yang bobot tubuhnya bertambah setelah bekerja? Ya, banyak di antara kita yang mengalami kenaikan berat badan setelah memiliki pekerjaan. Dalam hal ini yang salah bukanlah pekerjaannya. Melainkan pola hidup orang itu sendiri. Sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan orang cenderung lebih banyak mengonsumsi kalori saat mulai bekerja. Bahkan perempuan bisa mengonsumsi rata-rata 2.000 kalori setiap harinya. Jika jumlah kalori yang masuk lebih besar dibanding dengan jumlah kalori yang keluar, maka penambahan berat badan menjadi hal yang tidak bisa dihindari.

Jumlah kalori yang banyak itu sebenarnya disalurkan oleh makanan-makanan yang tidak perlu. Seperti yang dikutip dari laman Okezone.com, Rabu (11/10/2017), inilah makanan yang seharusnya tidak dikonsumsi saat bekerja;

  1. Biskuit

Camilan yang satu ini memang seringkali disimpan dalam stoples dan diletakkan di meja kerja. Atau bahkan ada teman kantor yang menawarkan biskuit buatannya. Padahal biskuit mengandung banyak gula sehingga jumlah kalorinya juga lebih banyak. Jika dikonsumsi sepanjang hari tentunya berpengaruh terhadap badan Anda.

  1. Susu dalam kopi

Tak bisa dipungkiri jika rasa kantuk bisa datang menyerang saat sedang bekerja. Bila sudah begitu, kopi menjadi andalan. Memang tidak ada salahnya minum kopi karena kopi mengandung kafein yang berfungsi sebagai stimulan. Hal yang salah adalah ketika Anda memasukkan susu ke dalam kopi. Jenis kopi seperti cappuccino dan latte mengandung 80-100 kalori per cangkir. Jadi jika Anda ingin mendapatkan stimulan, cobalah meminum kopi hitam atau teh herbal.

  1. Cokelat

Bagi Anda penggemar coklat, mendapatkan satu batang coklat ketika bekerja mungkin bisa membantu menaikkan mood. Tapi ketahuilah, coklat walau kecil sekalipun mengandung kalori sebanyak satu porsi makanan. Maka dari itu, sebisa mungkin hindari konsumsi coklat saat sedang kerja. Kalau perlu jangan letakkan coklat di meja kerja Anda karena bisa sangat menggoda.

  1. Kacang-kacangan dan buah kering

Mungkin banyak yang menganggap kalau jenis makanan ini sehat. Sebenarnya memang benar. Hanya saja jika kacang-kacangan dan buah kering dikonsumsi lebih dari segenggam, lebih banyak membawa dampak negatif dibanding dampak positif. Cobalah untuk menunggu paling tidak 20 menit untuk makan kembali jika segenggam kacang atau buah kering yang Anda sediakan sudah habis.

  1. Kue

Bukan hal yang aneh jika di kantor ada perayaan ulang tahun salah satu karyawan. Hal tersebut tentu identik dengan kue tart. Perlu diketahui satu potong kue tart mengandung 300-400 kalori. Untuk itu, usahakan agar mengonsumsi kue potongan kecil ketika ditawarkan. Selain itu, Anda hanya diperkenankan untuk mengonsumsi sebanyak satu kali saja.