Articles - Travel

11 August 2017 | 19.27 WIB

5 Tips agar Tetap Produktif Selama Liburan

 

OneEast.co.id – Liburan merupakan salah satu hal yang dinanti banyak pekerja di tengah sibuknya rutinitas pekerjaan. Namun, liburan itu sendiri ternyata berpotensi membawa berbagai tantangan dalam tempat kerja Anda. Bukan soal, “Apa kegiatan yang cocok untuk menikmati sunset?” atau “Dimanakah destinasi yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama teman kerja?” yang menjadi fokus di kantor. Namun, tantangan sebenarnya ialah, “Bagaimana agar tetap produktif dan mencapai target di tengah liburan atau perayaan?”. Ketidakmampuan untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah awal dari sebuah kerugian yang besar. Tentu itu bukanlah hal yang diinginkan. Berikut ini tips agar tim Anda tetap produktif selama liburanyang bisa diterapkan dalam pekerjaan atau usaha.

  1. Menjaga Mood Tetap Pada Nuansa Liburan

Ada sebuah rahasia manajemen kantor yang harus selalu ditanamkan, yaitu “A happy worker is a productive worker”. Ketika nuansa liburan mengisi dalam benak pegawai atau tim, maka jangan melawannya! Justru Anda harus meningkatkan hal itu! Terjaganya kegembiraan dan atmosfer kerja yang menyenangkan sangat berpotensi memberikan semangat dan motivasi yang besar kepada karyawan. Jangan menjadi seseorang yang menghancurkan impian mereka! Sebaiknya teruslah mendorong dan menunjukkan kepada mereka bahwa Anda berada pada posisi yang sama. Sehingga semangat untuk semakin produktif agar mencapai target akan terbentuk.

  1. Prioritas dan Strategi

Berikut ini merupakan suatu tindakan yang menjadi keharusan ketika kita memahami bahwa hari kerja pada saat ini sering kali diperpendek untuk menyambut liburan.

  • Pertama, carilah pekerjaan yang memiliki status urgensi paling tinggi, kemudian prioritaskan. Sementara Anda bisa membiarkan pekerjaan yang sekiranya dapat ditunda sampai liburan selesai.
  • Selanjutnya, buatlah tujuan yang jelas dan deadline untuk setiap pekerjaan ini agar setiap orang dapat fokus pada tanggung jawabnya masing-masing.
  • Ingatkan selalu pentingnya membuat target dan jaga karyawan tetap pada iramanya, untuk membantu tim tetap produktif.
  1. Berikan penghargaan

Momentum untuk merayakan apa yang telah dicapai dalam setahun akan semakin sempurna dengan perasaan bahagia. Hargailah kerja keras para karyawan, sehingga Anda dapat menempatkan setiap orang dalam mood yang baik dan ini menjadi motivator bagi mereka untuk mengerjakan tugas dan pekerjaan selanjutnya dengan lebih baik. Anda tidak harus menghabiskan banyak uang untuk membahagiakan tim, suvenir kecil dan sederhana juga mampu melahirkan senyum pada karyawan. Sedangkan untuk prestasi yang lebih besar, sesekali Anda dapat mentraktir makanan dan minuman di rumah makan atau semacamnya. Akan tetapi, ingatlah selalu bahwa ini hanya sekadar untuk mengapresiasi dan menghargai usaha dan kerja keras tim. Jadi, sebaiknya jangan berlebihan.

  1. Jaga Komunikasi Satu Sama Lain

Komunikasi merupakan hal yang paling penting dalam hubungan apapun, termasuk hubungan pekerjaan. Tanpa komunikasi, jarak sedekat apapun akan terasa jauh dan sulit dijangkau. Maka dari itu, keterbukaan dan komunikasi dalam tim Anda harus dibudayakan. Bisa saja ada satu atau dua anggota Anda yang mendapat kesulitan dalam mencapai targetnya, dengan membudayakan untuk berkomunikasi satu sama lain, sebuah tim dapat mencapai tujuannya tanpa harus ada anggota yang tertinggal. Jangan menutup diri pada karyawan untuk berkomunikasi dengan Anda, justru Anda harus membuat mereka yakin bahwa Anda siap dan benar-benar akan mendengarkan kebutuhan mereka. Rencanakanlah setiap minggunya untuk jadwal bertemu agar dapat menjaga produktivitas sebuah tim.

  1. Buatlah Kejutan Manis di Tempat Kerja

Sebagian orang menyukai kejutan yang manis. Begitu pun karyawan atau tim Anda. Coba tanyakanlah kepada mereka kebutuhan apa yang ada di tempat kerja sehingga mengurangi semangat mereka untuk bekerja. Misalkan mesin foto kopi yang rusak atau printer yang macet. Ini mungkin akan menguras lebih banyak keuangan Anda, namun dengan memperbaiki atau menyediakan yang baru maka akan ditemukan tim yang lebih produktif. Mengawali tahun baru dengan peralatan kantor yang baru juga merupakan hal baik, bukan? Coba lihatlah itu sebagai investasi kantor yang akan membawa usaha Anda ke tempat yang lebih tinggi.