Articles - Lifestyle

24 January 2017 | 14.48 WIB

Agar si Kecil Tumbuh & Berkembang Perlu Didukung dengan Beberapa Hal

 

OneEast.co.id - Setiap orang tua tentu ingin anaknya tumbuh aktif dan cerdas dalam segala hal yang positif. Karena itu, tak heran jika orang tua seringkali memberikan tambahan pendidikan non-formal berupa kursus, baik itu keterampilan bermusik, olahraga, maupun melukis.

Dengan melibatkan si buah hati dalam kegiatan baru tentu dapat memberikan pengaruh positif bagi  perkembang si anak. Karena adanya pengaruh lingkungan yang positif dapat membentuk sikap dan perilaku si anak menjadi lebih berani ketika berintarasksi sosial.

Dikutip dari laman Okezone.com beberapa waktu lalu, Pakar Pendidikan Najeela Shihab mengungkapkan bahwa saat ini banyak orang tua lebih mengutamakan si anak untuk menjadi pintar dan mendapatkan peringkat kelas. Tentu hal itu tidaklah buruk, namun perlu dipikirkan lagi bagi pertumbuhan si kecil.

"Kebanyakan orang tua belum mengetahui arah tujuan mendidik si buah hati. Terkadang hanya pintar saja, atau nilai sekolah bagus, namun tujuan lainnya tidak dipikirkan," ujarnya Najeela saat mengisi acara talkshow bertema anak.

Lanjutnya, seharusnya juga perlu adanya aktivitas untuk membangun karakter si kecil sejak dini. Selain itu, asupan gizi pun juga perlu diperhatikan agar tumbuh kembang si kecil menjadi berimbang.

Misal, anak yang tinggal di rumah bersih dengan mengosumsi makanan sehat, maka pertumbuhannya bagus, perkembangan otaknya optimal, sehingga si kecil menjadi pintar. Selain itu, lingkungan di sekitarnya pun turut mendukung sejak dini, seperti ketersediaan taman bermain atau kids club yang mampu menunjang kreativitas si kecil.