Articles - Lifestyle

23 October 2017 | 11.08 WIB

Akhirnya! Rahasia Hidup Bahagia ala Einstein pun Terpecahkan lewat Kurir Ini!

 

OneEast.co.id – Kabar mengejutkan datang dari Yerusalem. Di sana, sedang ramai membicarakan perihal catatan kecil yang disinyalir merupakan tulisan tangan asli Ilmuwan Albert Einstein. Bukan sekadar tulisan biasa, ternyata apa yang dituliskan salah satu orang paling berpengaruh di dunia itu bermakna dalam. Seperti yang dikutip dari laman Okezone.com, Senin (23/10/2017), catatan kecil itu bertuliskan rahasia hidup bahagia ala Einstein. Diketahui, tulisan tersebut diberikan Einstein untuk seorang kurir di Tokyo, Jepang. Usia kertas tersebut pun disinyalir sudah 95 tahun. Namun, kondisi fisik catatan tersebut masih sangat baik dan siap untuk dilelang dalam waktu dekat ini.

Melirik sejarah, pada 1922, Einstein melakukan perjalanan ilmiah ke Jepang. Tujuan kedatangannya ke negeri Sakura juga karena adanya undangan untuk penerimaan Nobel Fisika yang diberikan kepadanya.

Setibanya di Jepang, tepatnya di Imperial Hotel Tokyo, Jepang, saat Einstein ingin memberikan tip ke kurir, dia menolaknya. Tindakan tersebut merupakan salah satu aturan yang ada di Jepang. Namun, karena dia ingin memberikan sesuatu ke orang yang sudah membantunya, terbersit di pikirannya untuk memberikan catatan kecil.

"Mungkin, jika Anda beruntung, catatan tersebut akan menjadi barang yang jauh lebih berharga daripada sekadar tip biasa," ucap Einstein kepada kurir yang menerima catatan kecilnya, diceritakan kembali oleh salah seorang pedagang asal Jerman yang tidak ingin disebutkan namanya.

Perlu Anda ketahui, salah satu catatan yang dituliskan Einstein di Imperial Hotel Tokyo bertuliskan: "Kehidupan yang tenang dan sederhana akan membawa lebih banyak kegembiraan daripada mengejar kesuksesan yang diikat dengan kerusuhan yang tetap."

Sementara itu, di kertas lainnya, tertulis, “Di mana ada kemauan, di situ ada jalannya."

Terkait dengan makna dari dua quotes tersebut, Roni Grosz, arsiparis yang bertanggung jawab atas koleksi Einstein di Universitas Ibrani Yerusalem, menjelaskan bahwa tidak mungkin bisa menentukan secara pasti apakah catatan tersebut merupakan cermin renungan Einstein sendiri tentang ketenarannya yang dikenal dunia atau tidak.

Kemudian, untuk catatan yang lebih singkat, Grosz menambahkan, tidak diketahui dengan pasti nilai ilmiahnya di mana. Namun, quotes itu dapat menjelaskan pemikiran seorang fisikawan sekelas Albert Einstein. Yang jelas, sambung Grosz, apa yang ada di kertas ini adalah sejarah atau semacam mozaik di atas batu. Meskipun sederhana, yang pasti tulisan tersebut adalah sejarah dunia yang tidak bisa digantikan dengan apapun.