Articles - Property

20 February 2017 | 09.35 WIB

Awal Tahun Ini Jakarta & Bali Masuk Jajaran 4 Besar Pembangunan Hotel di Asia-Pasifik

 

OneEast.co.id - Sejak beberapa tahun belakangan Indonesia menjadi salah satu negara yang gencar gencar untuk meningkatkan pariwisata lokal, terlebih hal ini didukung oleh pemerintah. Dengan adanya kebijakan tersebut tentu berbagai pembangunan infrastruktur dibutuhkan termasuk ketersediaan tempat penginapan, seperti hotel.

Gencarnya pemerintah Indonesia untuk mempromosikan pariwisata dalam negeri ternyata juga diikuti dengan meningkatnya pembangunan hotel di beberapa daerah, di antaranya berlokasi di Jakarta dan Bali. Bahkan, data yang dihimpun dari riset STR Global Jakarta dan Bali sepanjang Januari 2017 menempati posisi empat besar dalam pengembangan hotel terbanyak di Asia Pasifik.

Berdasarkan data tersebut, Ibu kota berada di posisi kedua yang berhasil membangun 29 proyek hotel baru meliputi total jumlah kamar sebanyak 7.240 kamar, sedangkan untuk wilayah Bali berada di peringkat keempat dengan 31 proyek hotel baru mencangkup 5.474 kamar.

Tak dipungkiri jika Jakarta dan Bali termasuk destinasi yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun asing. Karena itulah, pertumbuhan pembangunan hotel di kota tersebut cukup banyak jumlahnya dibandingkan beberapa wilayah Indonesia lainnya.

Untuk peringkat teratas didapat oleh Kota Shanghai, China dengan 9.529 kamar dari total 42 proyek hotel baru, sedangkan di peringkat ketiga ada Kota China lainnya, yakni Chengdu dengan 5.928 kamar dari total 27 proyek hotel baru. 

Adanya tren tersebut ternyata juga telah dimanfaatkan oleh MNC Land sejak beberapa tahun terakhir. MNC Land kini sedang mengembangkan proyek hotel & resort yang berada di kawasan Tanah Lot, Bali. Tak tanggung-tanggung, MNC Land telah menjalin kerjasama dengan Trump Organization untuk mengembangan proyek hotel & resort yang didukung dengan beragam fasilitas kelas dunia, seperti golf course, beach club, residential, condo dan lain sebagainya.

Tak hanya di wilayah Bali, MNC Land yang merupakan bisnis unit dari MNC Group juga sedang mengembangkan kawasan Lido, Sukabumi yang nantinya akan menjadi destinasi wisata baru di Indonesia. Proyek Lido akan tersedia theme park berkelas dunia, hotel & resort, residential, golf course, dan beberapa fasilitas lainnya.

Sementara itu, secara umum dari data STR Global tercatat bahwa pengembangan hotel Asia Pasifik di awal 2017 ini sebanyak 598.952 kamar dari total 2.670 proyek hotel yang sudah dalam tahap kontrak.