Articles - Lifestyle

13 July 2017 | 16.30 WIB

Bahaya Makan Kentang Goreng bagi Kesehatan, Sebabkan Penyakit Jantung & Kanker!

 

OneEast.co.id – Tanpa memandang usia dan jenis kelamin, kentang goreng adalah makanan yang banyak dicintai orang. Tapi, tahukah Anda bila makan kentang goreng dapat berbahaya bagi kesehatan? Kentang goreng dahulunya sangat populer di negara-negara barat. Namun, dalam beberapa dekade terakhir, kentang goreng perlahan-lahan merambah belahan dunia lain, dan berhasil mencuri hati banyak orang. Salah satu alasan utama mengapa kentang goreng sangat populer adalah karena mudah disiapkan. Selain itu, makanan ini tidak memerlukan banyak bahan, cukup kentang, minyak dan bumbu. Tentu saja, alasan lain orang menyukai kentang goreng adalah karena enak, renyah dan juga mengenyangkan. Kini, kentang goreng tersedia di mana-mana, baik di hotel, restoran atau kuliner kaki lima. Kentang goreng juga biasa dihidangkan sebagai pendamping burger atau steak. Sekarang, kita mungkin sudah menyadari fakta bahwa kentang goreng bisa bikin gemuk dan tidak sehat. Tapi, seperti yang dikutip dari laman OkeZone.com, Kamis (13/07/2017), apakah Anda tahu bila kentang goreng juga dapat menyebabkan konsekuensi mematikan?

Kolesterol

Seperti yang kita tahu, kentang goreng sangat tinggi kandungan lemak, minyak dan pati. Karena itu, konsumsi rutin kentang goreng dapat menyebabkan obesitas, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung. Semua sepakat, semua itu merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Jadi, ada alasan bagi Anda untuk mulai berpikir tidak lagi mengonsumsi kentang goreng.

Kanker

Namun, ada lagi penyakit mematikan akibat rutin mengonsumsi kentang goreng, kanker! Ya, setelah 8 tahun penelitian, tim ahli telah menemukan, zat yang disebut akrilamida terbentuk dalam kentang goreng. Akrilamida diproduksi saat makanan kaya pati, seperti kentang digoreng dengan minyak pada suhu tinggi. Akrilamida dikatakan sebagai karsinogen atau agen penyebab kanker, oleh badan kesehatan pemerintah Amerika Serikat. Jadi, kentang goreng dapat menyebabkan perkembangan tumor atau kanker di paru-paru, perut, dan kelenjar tiroid. Hal terbaik yang perlu Anda lakukan adalah menghindari kentang goreng atau memanggangnya alih-alih menggorengnya dalam minyak.