Articles -

04 August 2017 | 22.31 WIB

Banyak Pikiran dan Lagi Susah Tidur? Coba Makan Pisang Hingga Kiwi Malam Ini!

 

OneEast.co.id – Pernah mendengar saran untuk tidak menyantap makanan dan minuman apapun ketika mau tidur? Pasti sering ya! Ketika sudah dewasa, ketakutan akan bertambahnya berat badan karena dimakan saat menjelang tidur alias dengan kata lain sudah tidak ada aktivitas lain menjadi alasan utama mengapa larangan ini sering terdengar! Well, padahal larangan tersebut tidak sepenuhnya mutlak benar loh. Karena sejatinya ada beberapa variasi produk makanan yang sah-sah saja jika dikonsumsi sebelum tidur. Apa saja jenis makanan tersebut? Seperti yang dikutip dari laman Okezone.com, Jumat (4/8/2017)

Pisang 

Selalu merasa sulit merasa mengantuk di saat jam malam? Maka pisang bisa menjadi camilan sebelum tidur yang tepat, pasalnya pisang dengan kandungan zat tryptophan dan potassium disebutkan dapat membantu untuk mendatangkan rasa kantuk. Dengan pisang yang punya rasa cita rasa manis, keinginan untuk menyantap camilan berupa dessert yang manis bisa terlupakan.

Jus ceri 

Sama hal seperti pisang yang bisa dimanfaatkan sebagai camilan sebelum tidur, agar lebih cepat merasa mengantuk. Begitu juga dengan jus ceri, karena jus ceri bisa berfungsi untuk meningkatkan melanin yang bekerja untuk menghadirkan rasa kantuk. Nah, daripada minum obat tidur rasanya menenggak jus ceri jadi pilihan yang lebih sehat alami bukan? 

Ikan salmon dan tuna 

Memilih menu ikan salmon atau tuna saat makan malam, bisa menjadi pilihan yang cermat karena selain sehat, kedua ikan ini juga tinggi akan kandungan vitamin B6 yang mempunyai peranan penting untuk produksi melatonin dalam tubuh yang bisa membuat tubuh rileks, sehingga rasa kantuk akan lebih mudah datang dan membuat tidur lebih berkualitas.

Ubi manis 

Masih merasa lapar padahal sudah menyantap menu makan malam? Untuk camilan yang lebih sehat dan berkualitas, pilihlah ubi manis yang disebutkan tidak hanya mengandung karbohidrat yang mengenyangkan, tapi juga potassium yang membuat otot-otot dalam tubuh menjadi rileks sehingga membuat tidur menjadi lebih pulas dan berkualitas.

Kiwi

Selain pisang, kiwi menjadi buah yang juga dianjurkan sebagai camilan sehat di malam hari saat masih merasa lapar saat menjelang waktu tidur. Dalam sebuah studi oleh tim peneliti Norwegia, disebutkan bahwa mengonsumsi kiwi satu jam sebelum berangkat tidur akan membuat tidur lebih berkualitas apabila dibandingkan jika mengonsumsi buah-buahan lainnya untuk camilan sebelum tidur.

Jadi tidak perlu obat penenang ya untuk bisa tidur nyenyak!