Articles - Lifestyle

17 January 2017 | 09.52 WIB

Berolahraga Bisa Jadi Solusi Ringankan Derita Menstruasi

 

OneEast.co.id - Seringkali wanita cukup menderita ketika mengalami menstruasi. Terlebih pada hari pertama menstruasi, biasanya tak sedikit wanita yang hanya ingin berbaring tanpa banyak melakukan aktivitas.

Berdiam diri di tempat tidur sambil ngemil atau menonton film biasanya merupakan pilihan terbaik untuk mengalihkan derita ketika menstruasi.Tapi, hanya berdiam sambil mengompres perut pun tetap tak membantu meringankan derita menstruasi, namun sebaliknya jika Anda berolahraga akan memberikan manfaat yang cukup baik.

Dikutip dari Fitness Magazine, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui bahwa dengan berolahraga saat periode menstruasi dapat mengurangi derita tersebut. Menurut Dokter Kebidanan dan Kandungan, Alyse Kelly Jones, MD di Novant Health Mintview, latihan intesitas tinggi dapat mendorong pelepasan banyak hormon endorfin.

Lanjutnya, endorfin merupakan hormon yang membuat Anda merasa lebih nyaman, sehingga cukup membantu ketika meringankan derita menstruasi.

Fungsi endorfin itu sendiri juga membantu mengurangi rasa sakit dan menyingkirikan prostaglandin, sedangkan prostaglandin merupakan suatu zat kimia yang diproduksi selama masa menstruasi sehingga dapat menyebabkan peradangan, kontraksi otot, nyeri, dan demam.

Hal ini tentu akan cukup membantu jika semakin banyak endorfin yang dilepaskan dalam tubuh Anda, maka akan sedikit pula nyeri yang dirasakan ketika menstruasi. Karena itulah, jika Anda ingin mengurangi rasa nyeri ketika menstruasi tentu sebaiknya lebih fokus pada latihan treadmill.

Nah, untuk itu mulai saat ini sebaiknya Anda mulai mencoba untuk melakukan aktivitas saat periode menstruasi, khususnya berolahraga. Olahraga pun bisa Anda lakukan secara nyaman ketika berada di pusat kebugaran (gym), sepertui yang kini telah banyak tersedia di gedung perkantoran eksklusif maupuan hunian modern.