Articles - Lifestyle

08 January 2018 | 17.55 WIB

Cara Memilih Furnitur Rumah yang Aman untuk Balita

 

OneEast.co.id – Memilih furnitur yang tepat di rumah bagi para orangtua yang masih memiliki balita tentu benar-benar menjadi pertimbangan. Sembarang memilih furnitur bukan hanya berisiko pada kenyamanan, tetapi juga kesehatan dan keamanan buah hati Anda.

Ya, faktor kenyamanan dan keindahan memang diperhatikan saat menata rumah. Tapi, bagi Anda yang memiliki balita, ada faktor lain yang jauh lebih penting untuk diperhatikan, yakni faktor keamanan.

Sebagai bahan pertimbangan tersebut, berikut adalah beberapa trik umum yang bisa Anda kembangkan dan manfaatkan dalam memilih furnitur yang aman bagi balita, seperti dikutip dari laman Okezone.com, Senin (8/1/2017)

  1. Utamakan memilih furnitur yang tidak mengandung racun

Anak-anak, terutama yang masih balita, senang memasukkan benda-benda yang ada di sekitarnya. Untuk itu, produk furnitur yang mengandung bahan berbahaya, seperti zat kimia phthalate acid atau zat golongan ester yang sering digunakan sebagai bahan campuran pembuatan plastik harus dihindarkan. Sebab bila tertelan atau sekedar dikulum akan berisiko pada kesehatan buah hati. Maka, perhatikan saat hendak membeli produk dan tanyakan dengan detail urusan kandungan zat yang satu ini.

  1. Pilih furnitur bercat atau berpeliturnya tak berbau

Bau menyengat pada lapisan cat atau pelitur furnitur akan mengganggu indera penciuman anak. Bahkan, aroma tersebut bisa mengganggu saluran pernafasan akibat bahan kimia yang terkandung tajam. Pilihlah lapisan yang berbahan air, ketimbang bahan minyak dan tiner yang lebih berisiko.

  1. Hindari bahan kaca

Sebisa mungkin jangan memilih bahan kaca untuk furnitur anak. Kaca memang memiliki sifat yang mudah retak dan tentunya merupakan bahan yang cukup berbahaya bagi anak. Apalagi anak-anak suka bergerak kesana kemari. Oleh karena itu apabila ada furniture dari bahan kaca yang pecah atau rusak, akan sangat berbahaya bagi anak. Furnitur dari bahan kaca juga akan tajam pada setiap ujungnya. Bukan tidak mungkin anak akan tergores atau bahkan baju mereka robek karena kaca. Hal ini cukup mengkhawatirkan bagi anak.

  1. Hindari dari bahan logam

Bahan logam merupakan bahan yang dapat menghantarkan panas dengan baik. Oleh karena itu sebaiknya hindari bahan furnitur dari logam dan pilihlah bahan yang lain.

  1. Pilih bahan yang alami

Bahan-bahan alami, seperti kayu dapat menjadi pilihan yang utama anda untuk furnitur anak. Tentunya bahan ini cukup mudah didapatkan. Ada berbagai bahan dari kayu yang kuat dapat dijadikan untuk furnitur. Kayu dengan proses finishing yang tepat akan menghasilkan furnitur yang bagus pula.