Articles - Travel

21 October 2017 | 15.51 WIB

Daftar Kota Teraman di Dunia Dirilis, Jakarta Berada di Urutan 57 dari 60

 

OneEast.co.id – Untuk berlibur ke luar negeri, tentu hal pertama yang harus diperhatikan adalah keamanannya. Terlebih bagi Anda yang ingin bepergian sendiri atau solo travelling. Kota mana saja di dunia ini yang dianggap paling aman? Baru-baru ini The Economist merilis indeks kedua mereka tentang kota teraman di dunia seperti yang dikutip dari laman Okezone.com, Sabtu (21/10/17). Mereka menilai 60 kota di seluruh dunia dengan beberapa faktor seperti keamanan di bidang kesehatan, infrastruktur, teknologi, dan keselamatan pribadi.

Tim ahli berpendapat bahwa seberapa aman pusat kota ditentukan dari seberapa besar kota tersebut mampu memberikan akses ke penduduk untuk mendapatkan perawatan kesehatan dan lingkungan perkotaan yang baik. Kemudian juga dinilai seberapa besar kemungkinan orang akan menjadi korban kejahatan di perkotaan dan seberapa aman infrastrukturnya.

Sebanyak 31 kota di dunia sekarang diklasifikasikan sebagai 'kota besar', di mana penduduknya lebih dari 10 juta. Jumlah tersebut diperkirakan akan meningkat ke 41 kota pada tahun 2030. Dalam daftar Safe Cities Index 2017 yang dirilis The Economist, tiga besar kota teraman berada di Asia. Kota Tokyo di Jepang berada di posisi pertama. Menyusul Singapura di urutan kedua, dan Osaka di urutan ketiga.

Bagaimana dengan Jakarta? Rupanya Jakarta berada di urutan buncit. Dari 60 negara yang masuk penilaian, Jakarta berada di peringkat ke 57. Jakarta hanya berada di atas Dhaka, Yangon, dan Karachi yang merupakan tiga pendatang terbaru dalam daftar. Dalam daftar ini, ada pula beberapa kota baru yang dimasukkan, di antaranya Wellington, Kuala Lumpur, Athena, dan Kairo.

Berikut daftar kota teraman di dunia 10 diantaranya menurut data Safe Cities Index 2017:

  1. Tokyo, Jepang
  2. Singapura
  3. Osaka, Jepang
  4. Toronto, Kanada
  5. Melbourne, Australia
  6. Amsterdam, Belanda
  7. Sydney, Australia
  8. Stockholm, Swedia
  9. Hong Kong
  10. Zurich, Jerman