Articles - Lifestyle

21 December 2017 | 23.02 WIB

Frekuensi Radio pada Smartphone Membahayakan Tubuh, Benarkah?

 

OneEast.co.id – Smartphone kini menjadi perangkat yang selalu menemani manusia. Perangkat berukuran kecil itu bahkan hampir selalu digenggam dan dioperasikan oleh penggunanya.

Tak ayal jika smartphone hampir selalu berada didekat pengguna bahkan saat berbaring di tempat tidur. Namun tahukah Anda dekatnya posisi smartphone berdampak pada menurunnya kesehatan tubuh?

Para ilmuwan memang belum merinci seberapa parah paparan energi frekuensi radio yang dipancarkan dari smartphone ini. Namun pedoman dari Departemen Kesehatan Masyarakat California (CDPH) menunjukkan bahwa penggunaan yang sering dapat mempengaruhi kesehatan pengguna.

"Meskipun sains masih terus berkembang, ada kekhawatiran dari beberapa pakar kesehatan masyarakat terkait penggunaan jangka panjang dan tinggi terhadap energi yang dipancarkan ponsel,” kata Direktur CDPH dan Petugas Kesehatan Masyarakat Negara, Dr. Karen Smith seperti yang dikutip dari laman Okezone.com, Kamis (21/12/17) .

Menurutnya hal sederhana yang bisa dilakukan pengguna adalah dengan tidak menyimpan ponsel di saku baju. Langkah lainnya dengan memindahkan ponsel dari tempat tidur di malam hari. Kedua langkah tersebut meski sederhana, dinilai mampu mengurangi paparan energi bagi anak-anak serta orang dewasa. Smith secara khusus memperingatkan paparan energi ponsel terhadap anak-anak dan remaja yang kini sudah banyak dibekali ponsel.