Articles - Lifestyle

13 November 2017 | 19.15 WIB

Hati-hati, Sering Ucapkan Kata-Kata Ini Pertanda Anda Stres!

 

OneEast.co.id – Mau tahu apakah Anda stress atau tidak? Perhatikan dari kata yang Anda ucapkan. Sebuah penelitian baru di Amerika Serikat telah menemukan, ada beberapa kata yang bila sering diucapkan mungkin menunjukkan bahwa Anda tengah stres. Menurut sekelompok ahli pidato, ketika seseorang stres mereka secara alami akan menggunakan lebih banyak kata keterangan seperti "benar-benar", "begitu" dan "sangat". Para peneliti juga menemukan, seseorang yang stres akan berbicara lebih sedikit.

Seperti yang dikutip dari laman Okezone.com, Senin (13/11/2017) yang mengutip Prosiding National Academy of Sciences, penelitian ini meneliti pola bicara dari 143 sukarelawan. Para sukarelawan masing-masing mengenakan perekam suara yang dihidupkan setiap beberapa menit selama 2 hari. Kemudian, Matthias Mehl, seorang psikolog di University of Arizona mentranskripkan dan mempelajari rekamannya, mendengarkan setiap kata dan ungkapan yang berulang. Dia sangat tertarik dengan penggunaan pronomina dan kata sifat sukarelawan.

"Dengan sendirinya mereka tidak memiliki arti, tapi mereka mengklarifikasi apa yang sedang terjadi," kata Mehl. Selanjutnya, Mehl dan tim genomik menganalisis tingkat stres psikologis partisipan dengan melihat ekspresi gen di sel darah putih mereka. Selain menemukan peserta stres lebih cenderung menggunakan kata keterangan, mereka juga menemukan bahwa peserta yang stres cenderung tidak menggunakan kata ganti orang majemuk orang ketiga, seperti "mereka".

Hal ini mungkin karena orang cenderung berfokus pada diri mereka sendiri saat mereka merasa tertekan, daripada memikirkan hal-hal di sekitar mereka, kata para peneliti. Mereka menyimpulkan bahwa pola bicara merupakan indikator tingkat stres yang lebih baik daripada penilaian pribadi relawan.