Articles - Lifestyle

19 May 2017 | 23.42 WIB

Ibu Rumah Tangga Lebih Stres dari Pekerja Kantoran! Ini Faktanya

 

OneEast.co.id – Anggapan ibu rumah tangga lebih santai dan nyaman daripada pekerja kantoran tidak sepenuhnya benar. Faktanya, ibu rumah tangga yang tinggal di rumah bisa lebih stres dari seorang ibu yang bekerja. Hal ini dijelaskan oleh Psikolog Klinis Tiga Generasi, Tiara Puspita yang dikutip dari laman OkeZone.com, Jumat (19/5/17). Ia menuturkan, jarangnya interaksi dengan orang lain menjadi salah satu penyebab stresnya ibu rumah tangga yang tinggal di rumah.

"Faktanya, ibu rumah tangga di rumah lebih stres dari yang kerja. Karena kesepian, jarang komunikasi dan interaksi sama orang-orang di luar," jelas Tiara saat ditemui dalam acara Rahasia Pesona Bagi Semua Peranan Wanita di kawasan SCBD, Sudirman, Jakarta Selatan. Ibu rumah tangga yang tinggal di rumah lebih banyak menghabiskan waktu mereka untuk mengurus anak dan rumah. Hal ini berbeda dengan para ibu rumah tangga yang bekerja di luar rumah. Karena kesempatan mereka bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang lebih besar.

Lalu bagaimana cara mengatasi rasa stres tersebut? Tiara menyarankan agar Anda mencari aktivitas yang disukai sebagai kegiatan selingan selain mengurus rumah dan anak. "Kalau senang masak mau dibisnisin bisa atau kerajinan tangan. Atau (berkomunikasi) dengan sesama ibu rumah tangga. Ikut kelas baby ada kelas parenting. Jangan sampai stuck dengan aktivitas itu yang bikin jenuh," pungkas Tiara.

Jadi, Anda mau pilih bekerja kantoran atau jadi ibu rumah tangga?