Articles - Lifestyle

14 September 2017 | 19.37 WIB

Mana yang Lebih Menyehatkan, Teh Hijau atau Teh Hitam?

 

OneEast.co.id – Mengkonsumsi teh secara rutin dipercaya ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, dari sekian banyak jenis teh yang beredar di pasaran seperti, teh hitam, teh hijau, oolong, atau teh putih, manakah yang lebih sehat?

Pertanyaan ini cukup menarik mengingat semua jenis teh berasal dari tanaman yang sama yakni, Camellia sinensis. Perbedaan terletak proses pengolahan teh yang dilakukan sesuai treatment masing-masing. Untuk mengetahui khasiat teh lebih lanjut, yuk simak ulasan lengkapnya, seperti yang dikutip dari laman Okezone.com, Kamis (14/9/2017). 

Teh Hitam 

Teh hitam bisa menjadi obat yang tepat untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Meski kandungan flavonoid antioksidannya tidak terlalu tinggi, para ahli mengklaim bahwa teh hitam sangat bagus untuk pengidap jantung serta dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. Teh hitam juga diklaim dapat meningkatkan stamina atau energi Anda. Jadi jika sore hari tubuh Anda sudah mulai lemas, Anda dapat mengonsumsi teh hitam yang memiliki kandungan kafein lebih tinggi daripada teh hijau.

Teh Hijau 

Berbeda dengan teh hitam, teh hijau justru memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi yang dapat berfungsi dalam jangka waktu lama. Minuman ini dipercaya ampuh untuk melawan penyakit tertentu. “Polifenol yang ditemukan dalam teh hijau tidak hanya mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dengan cara menurunkan kadar kolesterol LDL Anda. Teh hijau juga ampuh untuk mengurangi risiko kanker payudara,” kata Sonia Oyola, MD, dari University of Chicago. 

Teh Putih 

Menyesap teh putih atau teh hijau secara teratur ternyata ampuh untuk menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan karena kandungan kafein dan antioksidan yang disebut dengan katekin. “Teh putih merupakan jenis teh yang paling mudah diproses. Ia juga memiliki jumlah polifenol yang lebih tinggi, dan diketahui memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus,” catat Dr Oyola.