Articles - Property

08 September 2017 | 20.27 WIB

Nih, Alasan Harga Apartemen Terus Melambung Naik

 

OneEast.co.id - Apartemen adalah salah satu produk investasi yang memiliki nilai kenaikan harga cukup signifikan. Tak heran, jika saat ini banyak orang memilih apartemen sebagai aset investasi yang lebih menjanjikan.  

Dikutip dari salah satu situs properti Indonesia, penelitian yang dilakukan oleh Colliers International Indonesia menghasilkan data yang menunjukkan kenaikan harga apartemen di kelas menengah ke atas. Tercatat pada semester I-2017, harga apartemen meningkat sebesar 4 sampai 5 persen dibanding pada tahun 2016 dengan periode yang sama.

Data tersebut dibarengi dengan fakta di lapangan yang memperlihatkan kenaikan nilai investasi apartemen yang cukup stabil setiap tahunnya. Hal ini karena adanya beberapa faktor yang menyebabkan harga apartemen terus melambung, di antaranya bisa dijadikan pilihan tempat tinggal yang efektif di pusat kota ataupun disewakan, dan bisa dijual kembali.

Faktor lain

Meski begitu, ada beberapa faktor lain yang membuat harga apartemen terus melambung tinggi setiap tahunnya. Dihimpun dari berbagai sumber, seperti lokasi yang strategis, luas unit, fasilitas yang disediakan, kualitas bangunan, serta reputasi pengembang merupakan beberapa faktor utama yang dapat menyebabkan nilai investasi apartemen terus meningkat. 

Tak hanya itu, tingkat populasi penduduk di daerah sekitar apartemen tersebut pun turut memberikan pengaruh terhadap kenaikan nilai investasi. Misal, jika suatu daerah memiliki tingkat populasi yang cukup tinggi tentu akan berpengaruh terhadap meningkatnya permintaan hunian di daerah tersebut. Terlebih, jika lahan kosong di daerah tersebut terbatas maka membangun apartemen pun menjadi solusi hunian di perkotaan.

Dengan begitu, secara otomatis harga apartemen terus melambung tinggi. Tak heran jika apartemen kini makin digemari oleh banyak kalangan sebagai produk investasi yang pertumbuhannya cukup stabil.

Hal inilah yang banyak dimanfaatkan oleh para pengembang di Tanah Air dalam memperluas pasar hunian, khususnya di sektor apartemen. Salah satunya yang juga dimanfaatkan oleh MNC Land dalam mengembangkan proyek apartemen One East Residence di Surabaya.

One East Residence merupakan salah satu contoh apartemen di Kota Surabaya yang memiliki nilai invetasi yang terus meningkat tiap tahunnya. Lokasinya yang berada di timur Kota Surabaya memberikan keunggulan sebagai the luxury landmark of Surabaya.

Berada di kawasan Central Business District (CBD) timur Kota Surabaya menjadikan One East Residence sebagai hunian yang memiliki nilai investasi berkembang cukup tinggi. Mulai dari pusat perkantoran premium, bisnis, hiburan serta fasilitas umum lainnya. Bahkan, pusat perbelanjaan hanya berjarak 600 meter, perguruan tinggi sejauh 1,7 kilometer, rumah sakit international berjarak sekitar 3 km,  dan akses Bandar Udara Internasional Juanda yang dapat ditempuh sekitar 30 menit.

Untuk itu, tak perlu khawatir jika Anda tertarik berinvestasi apartemen di luar kawasan Jabodetabek, karena kawasan timur Kota Surabaya menjadi salah satu lokasi terbaik berinvestasi, khususnya di sektor apartemen.