Articles - Lifestyle

02 December 2016 | 10.58 WIB

Nih... Cara Minum Kopi Espresso ala Penduduk Italia

 

OneEast.co.id - Kopi sudah sejak lama menjadi minuman favorit di seluruh dunia. Mulai dari mengonsumsinya secara tradisional dengan cara diseduh hingga di-blander yang juga dipadukan bersama dengan creamer.

Nah, di Italia sendiri meminum kopi merupakan aktivitas serius, karena ada beberapa tata cara tertentu yang harus dilakukan ketika menyeruput kopi, khususnya untuk jenis kopi espresso. Bahkan, Luca Di Pietro yang juga seorang pemilik kedai kopi di New York, Amerika Serikat mengungkapkan bahwa menikmati kopi ada perlakuan khusus laiknya sebuah agama.

Nah, berikut ini 4 cara untuk menikmati espresso seperti yang dilakukan oleh para masyarakat asli Italia, seperti yang dikutip dari laman Travel and Leisure beberapa waktu lalu.

Pahami filosofi espresso

Jenis kopi espresso pada dasarnya memiliki cita rasa yang cukup pahit dari jenis biji kopi lainnya. Maka dari itu,pahami ketika Anda akan menyeruput secangkir kecil kopi espresso yang bisa membuat jantung berdebar-debar.

Minumlah dengan cara cepat

"Espresso yang sempurna harus diolah secara cepat, begitu pula saat Anda meminumnya. Minumlah minuman secara langsung," ucapnya Di Pietro.

Ia menambahkan, espresso harus diminum selagi crema masih terlihat di permukaan cangkir. Crema sendiri merupakan emulsi krim minyak kopi yang berfungsi untuk melindungi aroma espresso agar tetap terjaga.

Jangan tambahkan susu

Jika Anda menambahkan susu pada espresso, itu akan menjadikannya machiatto espresso. Minuman ini tidak boleh diminum setelah pukul 11.00. Selain itu, Di Pietro juga tidak menganjurkan untuk menambahkan minuman beralkohol ke dalam espresso Anda, atau lebih dikenal dengan coretto caffe.

Sebaiknya jangan minum espresso usai menyantap sarapan

Bila penggemar espresso tentu Anda sudah mengetahui bahwa ada baiknya jangan minum usai menyantap sarapan. Namun begitu, di Italia meminum espresso harus dilakukan sebelum pukul 11.00.

"Jika Anda mengonsumsinya setelah pukul 11.00 pagi, orang-orang akan melihat Anda dengan tatapan aneh," pungkasnya.