Articles - Lifestyle

02 December 2017 | 14.40 WIB

Pagi Hari Waktu yang Tepat untuk Detoks Tubuh, Jiwa dan Raga Ada di Titik Sempurna

 

OneEast.co.id – Memulai hari dengan detoksifikasi adalah pilihan yang tepat. Dengan begitu, Anda membiarkan energi positif baru yang ada di dalam diri Anda. Pagi hari menjadi waktu yang tepat karena di waktu itu Anda memulai semua kegiatan. Dengan jiwa dan raga yang baik, tentunya Anda bisa menjalani rutinitas dengan perasaan senang dan bahagia.

Tapi, bagaimana sih detoksifikasi yang baik itu?

Dilansir dari Daily Mail, yang dikutip laman Okezone.com, Sabtu (2/11/2017), seorang guru yoga memaparkan rahasia dirinya mendapatkan jiwa dan raga sempurna. Adalah Emma Maidment. Menurutnya, dengan melakukan detoksifikasi, menjauhkan Anda dari stres, pencernaan yang buruk, atau masalah kesehatan mental.

Dalam detoksifikasi itu, Emma melakukan gerakan lidah yang aneh dan penggunaan minyak. Serta minum segelas air hangat adalah kuncian yang tidak bisa diabaikan juga. "Saya bersumpah, detoksifikasi ini baik untuk pencernaan, menurunkan tingkat stres, meningkatkan kebahagiaan, dan menjaga kejernihan mental," paparnya.

Emma menambahkan, pada praktiknya sendiri, fakta bahwa tidak boleh menjalani pagi secara tergesa-gesa juga menjadi hal penting yang tidak bisa diabaikan.

Langkah pertama dalam rutinitas Emma di pagi hari sebelum hal lain dilakukan adalah membuang semua racun di lidahnya. Menurutnya, zat lengket yang disebut 'ama' terbentuk di lidah pada malam hari dan perlu disingkirkan untuk kesehatan dan kesejahteraan keseluruhan.

Menurut keyakinan pengobatan kuno Ayurveda, latihan gesekan lidah membantu merangsang organ internal melalui koneksi energik. "Mulailah dari belakang lidah dan gores ke depan tujuh sampai 14 kali atau sampai lidahnya bersih. Anda akan terkejut dengan apa yang keluar dari lidah Anda dan betapa berbedanya setiap hari berdasarkan apa yang Anda makan sehari sebelumnya," kata Emma.

Selanjutnya, Emma mengikuti obat tradisional 'menarik minyak'. Kebiasaan ini mengharuskan Emma untuk menyeruput satu sendok teh minyak, kemudian kumur selama lima sampai 15 menit.

Tindakan ini dilakukan untuk mendetoksifikasi tubuh dan juga baik untuk memutihkan gigi karena minyak bisa menembus plak dan mengeluarkan racun tanpa mengganggu gigi atau gusi yang halus.

Setelah berkumur dengan minyak, Emma kemudian merekomendasikan untuk membersihkan lidah sekali lagi. Setelah itu menggosok gigi dengan pasta gigi alami. Bilasnya pakai air hangat, ya.

Langkah terakhir untuk mendetoksifikasi tubuhnya adalah dengan mengonsumsi segelas air hangat. "Bagi saya, saya menemukan bahwa air hangat membantu tubuh dalam melakukan eliminasi dan membersihkan semuanya," tambahnya.

Dan jika Emma memiliki waktu luang 10 menit lagi, dia berusaha untuk melakukan yoga dan diakhiri dengan meditasi di bawah matahari pagi.

Dengan mengikuti proses detoksifikasi yang ketat, Emma memastikan itu dapat memberi makan pikiran, tubuh dan jiwa Anda sesuatu yang positif. Dan itu adalah sesuatu yang baik!