Articles - Lifestyle

17 July 2017 | 14.33 WIB

Pertama di Dunia! London Miliki Jalan Cerdas Penghasil Energi

 

OneEast.co.id - Jalan yang kurang dimanfaatkan di sebelah barat London telah diubah menjadi jalan cerdas penghasil energi pertama di dunia. Dengan semakin banyaknya orang yang lewat, Pavagen dapat terhubung ke sebuah aplikasi dan melihat seberapa banyak listrik yang dihasilkan langkah kaki mereka yang lewat.

Seperti yang dikutip dari laman Okezone.com, Senin (17/7/2017), Pavegen memasang rangkaian 107 kaki persegi di Bird Street untuk memanfaatkan dan mengubah kekuatan langkah kaki menjadi listrik. Dari listrik yang dihasilkan akan dipasok energi untuk cahaya dan suara burung di daerah tersebut. Selain itu, jalan ini dilengkapi transmitter bluetooth low-energy yang juga merupakan bagian dari array, sehingga pengguna dapat berinteraksi dengan array melalui aplikasi.

Orang bisa melihat langkah mereka di trotoar kemudian diterjemahkan menjadi listrik bersih. Dilansir Inhabitat, CEO Pavegen Laurence Kemball-Cook mengatakan, "Teknologi seperti ini akan membuat aktivitas di jalan/trotoar menjadi lebih menarik dan bermanfaat bagi banyak orang," ujarnya. Direktur Perencanaan Kota London Alex Williams mengatakan bahwa konsep Bird Street yang inovatif dapat dibawa ke daerah lain di kota London.