Articles - Travel

22 March 2017 | 11.37 WIB

Pilih Kamar Hotel yang Tepat, Bisa Hindari dari Tindak Kejahatan saat Travelling

 

OneEast.co.id - Keamanan memilih tempat tinggal saat travelling jadi faktor penting yang perlu diperhatikan. Jangan tergiur dengan fasilitas mewah dan harga murah, karena sebaiknya keamanan kamar dan tempat penginapan lebih diprioritaskan.

Tak sedikit para travellers mengalami masalah kehilangan barang saat menginap ketika melakukan perjalanan. Karena itulah, sebaiknya pilih tempat penginapan terpercaya dari brand ternama lokal ataupun dunia. Tak hanya itu, letak kamar pun juga harus jadi perhatian Anda saat menginap di suatu tempat, karena untuk menghindari terjadinya musibah kehilangan barang atau masalah lainnya.

Kepala Bidang Informasi dan Analisis Travel di SOS International, sebuah perusahaan travel yang berbasis di London, Rob Walker, menyarankan Anda untuk memilih kamar yang agak jauh dari lobi. Tak hanya lobi, Rob juga menganjurkan para wisatawan untuk memilih kamar yang jauh dari fasilitas yang jadi titik keramaian, seperti restoran, kolam renang ataupun pusat kebugaran.

"Kami menganjurkan para travellers agar memilih kamar yang agak jauh dengan lobi. Posisi lainnya adalah kamar yang letaknya jauh dari jalanan umum, karena rawan terjadi tindak kejahatan,” ujarnya, seperti dikutip dari TraveLandLeisure, Rabu (22/3/2017).

Nah, berikut ini yang direkomendasikan oleh Rob ketika memilih kamar atau tempat penginapan saat travelling. Berikut tipsnya.

- Hindari kamar dengan pintu interlock yang bisa tembus ke kamar lain

- Sebaiknya pilih hotel yang tak berada di lingkungan kriminal

- Pastikan kamar memiliki pengaman pintu ganda dan lubang mata untuk mengintip tamu

- Berikan tanda peringatan pada handle pintu, seperti Jangan Ganggu dan lain sebagainya

- Kondisikan lampu kamar agar selalu menyala saat bepergian  

- Periksa detail barang bawaan

- Pastikan nomor kamar hotel tak ditunjukan di area umum

- Pastikan pintu kamar dan jendela terkunci