Articles - Property

22 March 2017 | 10.17 WIB

Refleksi Cermin & Tata Cahaya Solusi Tepat Agar Ruangan Tampak Lebih Luas, Nih...

 

OneEast.co.id - Seringkali ruang santai akan terasa sempit jika keluarga besar sedang berkumpul. Namun, untuk menyiasati masalah tersebut ada beberapa cara yang perlu Anda lakukan, salah satunya dengan memilih furnitur yang tepat.

Permasalahan ruangan sempit biasanya disebabkan terlalu banyak perabotan yang digunakan, maka dari itu untuk mengatasi masalah tersebut sebaiknya tidak asal meletakkan berbagai furnitur di ruang keluarga.

Bila Anda berencana mendekorasi ulang ruang keluarga maka ada baiknya perhatikan luas ruang dan melakukan list furnitur apa saja yang akan digunakan. Nah, berikut ini merupakan ulasan yang bisa Anda terapkan untuk mengubah ruang sempit agar tampak lebih luas, seperti yang dilansir dari laman TimesofIndia, Rabu (22/3/2017).

Tata cahaya

Kunci utama agar ruang keluarga tampak lebih luas, yakni dengan mengatur tata cahaya ruangan tersebut. Sebaiknya, manfaatkan cahaya alami melalui penggunaan tirai transparan.

Perhatikan tinggi furnitur

Biasanya ruangan terlihat sempit karena sudut pandang terhalang oleh adanya furnitur yang tinggi dan besar. Karena itu, dengan meletakkan furnitur yang rendah bisa jadi solusi tepat untuk mengatasi sudut pandang ruang yang sempit.

Karpet

Karpet bisa jadi salah satu solusi untuk menyiasati ruangan sempit. Namun, sebaiknya gunakan karpet atau permadani dengan motif bergaris-garis, karena motif garis akan membuat ruangan terlihat lebih luas.

Seeling ruangan

Jarak seeling antara lantai dengan langit-langit ruangan menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan. Bila Anda memiliki seeling yang terlalu rendah maka akan memberikan kesan pada ruang tersebut menjadi lebih sempir. Namun, cara lainnya bisa menghiasi langit-langit hunian Anda dengan kertas dinding dan warna sesuai selera.

Cermin

Cermin menjadi ornamen paling ampuh jika Anda ingin mendekorasi ruangan tampak lebih luas. Cara ini sebenarnya yang paling umum dan cukup efektif digunakan di hunian kecil sekali pun, maka dari itu Anda bisa memasang cermin besar pada satu sisi ruang sehingga menjadi refleksi seakan sudut ruang tersebut menjadi luas.