Articles - Ekonomi

31 July 2017 | 13.27 WIB

Rudal Korea Utara Bikin Bursa Asia 'Terguncang'

 

OneEast.co.id - Indeks utama pada bursa saham Asia dibuka melemah pada perdagangan Senin pagi. Hal ini dipicu ketegangan geopolitik di Semenanjung Korea yang meningkat dalam beberapa hari terakhir dan Dollar AS yang tergelincir. Seperti yang dikutip dari laman Okezone.com, Senin (31/7/2017), indeks saham acuan di Jepang, Nikkei 225 turun 0,07%, indeks di Korea Selatan, Kospi juga turun 0,06%. Sementara, indeks saham acuan di Australia S&P/ASX 200 naik 0,14%.

Pasar saham diperkirakan terus mengikuti perkembangan geopolitik di Semenanjung Korea setelah Korea Utara kembali meluncurkan rudal balistik pada hari Jumat. Aksi Korea Utara ini sebagai 'serangan balik' ke AS setelah mereka menerbangkan dua pesawat pembom B-1B di atas semenanjung Korea dan mendesak negara-negara di kawasan tersebut untuk berbuat lebih banyak untuk mengatasi masalah ini.

Sementara itu, Dollar AS kembali melemah setelah perlahan turun pada Jumat didukung oleh tidak sesuainya angka Produk Domestik Bruto (PDB) AS yang diperkirakan hanya 2,6% di kuartal II. Indeks Dollar, yang mengukur Dollar terhadap enam mata uang utama di dunia, diperdagangkan melemah di level 93,256 pada sesi Jumat setelah mencapai 93,946 di awal perdagangan. Saat ini Indeks Dollar AS berada di level 93,351 pada hari ini.