Articles - Lifestyle

21 April 2017 | 10.33 WIB

Runner Up Miss Indonesia 2011: Liliana Tanoesoedibjo adalah Sosok Kartini Modern

 

OneEast.co.id - Pada hari ini tepatnya Jumat (21/4/2017) merupakan hari istimewa bagi seluruh wanita Indonesia. Hari Kartini menjadi momentum memperingati emansipasi wanita yang diperjuangkan oleh sosok Raden Ayu (RA) Kartini pada zamannya.

Dahulu RA Kartini sangat dikenal karena telah memperjuangkan hak-hak seorang wanita yang kala itu hanya ditakdirkan sebagai pendamping pria dan mengurus rumah. Namun, berkat perjuangannya kini wanita Indonesia memiliki kesetaraan dengan para pria, baik dalam urusan pendidikan dan karir.

Di era modern seperti saat ini, sosok-sosok Kartini modern juga masih hadir dan bisa dilihat peranannya. Seperti dikutip dari laman Okezone.com, contohnya seperti Amanda Zevannya, host kondang sekaligus first runner-up Miss Indonesia 2011 ini menganggap sosok Liliana Tanoesoedibjo adalah sebagai sosok Kartini modern di matanya.

Hal tersebut ia ungkapkan langsung dalam kesempatan kelas sesi pembekalan 34 finalis Miss Indonesia baru-baru ini di Jakarta Selatan.

“Kalau ditanya Kartini modern, buat saya pribadi sosok ibu Liliana ya. Beliau bisa dilihat sendiri sukses dalam berkarier dan berbisnis. Tetapi tetap tidak meninggalkan kodratnya sebagai seorang istri dan seorang Ibu bagi anak-anaknya,” tutur Amanda saat berada di lokasi karantina Miss Indonesia di bilangan Jakarta Selatan.

Ia juga menambahkan, bahkan di matanya sosok istri Hary Tanoesoedibjo tersebut tidak hanya berhasil menjadi Kartini untuk dirinya sendiri.

“Buat saya beliau tidak hanya berhasil jadi Kartini untuk dirinya sendiri dan keluarga, tetapi juga dampaknya lebih luas lagi. Salah satunya dengan melalui Miss Indonesia ini, lewat Miss Indonesia lah beliau juga mencetak Kartini-Kartini baru lainnya,” tuturnya Amanda.