OneEast.co.id – Pepatah lama mengatakan di mana bumi dipijak maka di sana langit dijunjung. Ya, bagaimanapun tradisi dan budaya yang berlaku di satu daerah maka saat kita berada di daerah tersebut otomatis harus mengikuti aturannya, termasuk saat mengonsumsi makanan. Seperti yang dikutip dari laman Okezone.com, Senin (13/11/2017), berikut beberapa negara yang memiliki etika makan agak aneh. Tapi meskipun demikian, Anda harus mengikutinya saat sedang plesir atau menyambangi negara ini.

Thailand, tak pernah pakai garpu

Jika Anda merasa garpu adalah pasangan dari sendok maka tidak berlaku di Thailand. Di negara ini orang menggunakan sendok dan sumpit sebagai alat makan. Garpu hampir sama sekali tidak dipakai di negara ini. Ketika makan makanan berkuah maka akan menggunakan sendok, sementara makan mi selalu menggunakan bantuan sumpit.

Yordania, tradisi minum kopi yang sudah membumi

Di Yordania masyarakat sangat menganggap kopi adalah hal yang penting. Berbagai hal dibahas sambil menikmati kopi. Kopi di Yordania disajikan dalam sebuah cangkir kecil, kopi ini harus dihabiskan dan pemilik rumah akan dengan senang hati menambahkan kopi dalam gelas yang kosong. Jika Anda sudah merasa cukup, gerakkan cangkir Anda dengan cara menggoyangnya agar pemilik rumah tidak terus mengisi cangkir Anda. Jika tidak suka kopi, setidaknya Anda minum 1 cangkir dan jangan berani-berani menolak suguhan ini atau pemilik rumah akan marah.

Rusia, aturan yang berjejer soal minuman beralkohol

Orang Rusia terkenal suka minum minuman beralkohol tapi mereka minum dengan seni. Banyak aturan yang diterapkan ketika orang Rusia hendak minum bersama teman-temannya. Jangan pernah menolak ajakan untuk minum, habiskan satu gelas minuman Anda sebelum meninggalkan area berkumpul, jangan pernah membuka botol minuman jika tidak berniat menghabiskannya, jangan menolak makanan yang disajikan bersama minuman, jangan mencampur vodka dengan bahan lain. Cukup nikmati minuman Anda dan orang Rusia akan menjadi teman yang baik.

Tiongkok, jangan pernah membalik ikan

Beberapa makanan dalam tradisi Tiongkok memiliki makna yang mendalam, salah satunya ikan. Saat jamuan makan dan disuguhi masakan ikan, jangan pernah membalik ikan ini untuk mendapatkan daging di sisi satunya. Untuk menyantap daging ikan di sisi satunya maka Anda harus mengangkat duri ikan dan menyisihkannya. Karena membalik ikan dalam tradisi Tiongkok sama artinya mengundang nasib buruk.

Bagaimana, sudah siap untuk liburan?