Articles - Lifestyle

25 October 2017 | 16.38 WIB

Selain Mengenyangkan, Konsumsi 5 Makanan Ini Bantu Turunkan Risiko Stroke

 

OneEast.co.id – Stroke adalah penyakit mengerikan yang mampu memunculkan berbagai macam penyakit berbahaya lainnya. Penyakit inilah yang membuat musisi legendaris Benny Pandjaitan tutup usia. Berbicara soal stroke, Anda sebetulnya dapat mencegah secara dini dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan sehat. Seperti yang dikutip dari laman Okezone.com, Selasa (24/10/2017) di bawah ini beberapa jenis makanan diantaranya:

Kacang-kacangan

Selain ampuh menjaga kesehatan otak dan jantung, kacang-kacangan juga diperkaya oleh vitamin B folat atau dikenal dengan sebutan asam folat. Menurut sebuah penelitian, makanan yang kaya asam folat mampu menurunkan risiko stroke sebesar 20%.

Makanan yang mengandung zat antioksidan

Seperti diketahui, zat antioksidan sangat ampuh untuk mengurangi peradangan dan plak pada arteri manusia. Zat antioksidan juga dipercaya dapat melebarkan pembuluh darah yang berfungsi meningkatkan aliran darah ke jantung. Buah-buahan dan sayuran segar merupakan contoh makanan yang mengandung zat antioksidan tinggi.

Ikan

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa manusia seharusnya mengonsumsi banyak ikan daripada daging merah. Hal ini disebabkan karena ikan merupakan sumber asam lemak omega-3 yang dapat meningkatkan aliran darah dan mengurangi pembekuan darah. Tidak hanya itu, mengonsumsi ikan secara rutin juga mampu menurunkan risiko stroke sebesar 27%.

Makanan kaya kalium

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi makanan kaya kalium memiliki penurunan risiko stroke sebesar 28%. Kandungan ini bisa Anda dapatkan dari beberapa jenis buah dan sayuran seperti pisang, kentang, plum dan kismis.

Makanan kaya magnesium

Selain mengonsumsi makanan kaya kalium, pastikan Anda juga banyak mengonsumsi makanan tinggi magnesium. Pasalnya, makanan ini mampu menurunkan risiko stroke hingga 30%. Beberapa makanan kaya magnesium dapat Anda dapatkan dari olahan gandum dan jagung.