Articles - Lifestyle

01 July 2017 | 15.51 WIB

Stres & Gemar Konsumsi Makanan Asin Picu Darah Tinggi

 

OneEast.co.id – Tekanan darah tinggi bisa memicu pecahnya pembuluh darah. Walaupun pembuluh darah pecah yang dialami tergolong ringan, namun ternyata pecah pembuluh darah juga bisa menyebabkan kematian apabila pendarahan yang terjadi di otak cukup parah. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk selalu mengontrol tekanan darah agar terhindar dari penyakit yang berdampak serius. Untuk mencegah tekanan darah tinggi, seperti yang dikutip dari laman Okezone.com, Sabtu (1/7/2017), ada beberapa cara yang bisa dilakukan;

Mempertahankan berat badan ideal

Kelebihan berat badan membuat kesempatan Anda terkena tekanan darah tinggi dua sampai enam kali lipat. Untuk itu, Anda harus selalu menjaga berat badan agar selalu ideal. Bahkan penurunan berat badan walaupun hanya sedikit bisa membuat perbedaan besar dalam membantu mencegah dan mengobati tekanan darah tinggi.

Olahraga teratur

Anda yang senang berolahraga kemungkinan memiliki kesempatan 20-50 persen lebih rendah untuk terkena tekanan darah tinggi dibanding mereka yang malas menggerakkan tubuhnya. Untuk melakukan aktivitas fisik agar terhindar dari penyakit serius Anda tidak harus menjadi pelari marathon. Dengan aktivitas fisik yang ringan saja bisa membantu menurunkan risiko terkena tekanan darah tinggi.

Mengurangi asupan garam

Membatasi jumlah asupan garam bukan hanya untuk mereka yang sudah mengalami tekanan darah tinggi agar tekanan darahnya turun. Anda yang belum mengalaminya juga harus tetap mengontrol konsumsi garam karena bisa membantu untuk mencegah naiknya tekanan darah.

Hindari minum alkohol

Minum alkohol terlalu banyak dapat meningkatkan tekanan darah. Untuk membantu mencegah tekanan darah tinggi, batasi berapa banyak alkohol yang Anda minum tidak lebih dari dua gelas sehari, bahkan usahakan jangan mengonsumsi alkohol sama sekali.

Mengurangi stres

Salah satu pemicu naiknya tekanan darah adalah stres. Seiring berjalannya waktu, stres dapat berkontribusi pada penyebab tekanan darah tinggi. Ada banyak langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi stres Anda seperti liburan. Anda juga bisa membaca sejumlah artikel tentang cara mengurangi stres.