Articles - Lifestyle

12 August 2017 | 13.38 WIB

Tidak Boleh Diminum Lebih dari Pukul 11.00, Aturan Unik Seruput Kopi di Italia

 

OneEast.co.id – Setiap negara di dunia, hadir dengan adat-istiadat dan kebiasaan asli masyarakatnya yang berbeda-beda. Di mana kebudayaan atau kebiasaan tersebut, termasuk salah satunya soal ‘peraturan tidak tertulis’ perihal tata cara menyantap sesuatu hidangan. Misalnya saja dengan aturan minum kopi di Italia. Tahukah Anda bahwasanya negara yang terkenal dengan menara Pisa-nya ini, ternyata memiliki peraturan tentang pelarangan memesan minuman kopi dengan campuran susu seperti kopi susu, cappuccino, atau kopi latte di atas pukul 11 pagi.

Seperti yang dikutip dari laman Okezone.com, Sabtu (12/8/2017), Di Italia segala hidangan minuman kopi yang dicampur dengan susu diyakini masyarakatnya   tersebut termasuk dalam hidangan untuk sarapan pagi, yang waktunya berakhir di pukul 11 pagi. Diketahui bahwa orang Italia sendiri, memang memiliki kebiasaan untuk menyeruput minuman kopi susu hanya ketika di waktu pagi hari bersamaan dengan menu roti (pastry), atau dengan kata lain tidak pernah dikonsumsi di waktu siang, sore dan malam hari apalagi setelah usai bersantap hidangan makan siang dan makan malam lengkap, karena dianggap terlalu berat untuk dikonsumsi dan dicerna. Walau memang, disebutkan lebih lanjut bahwasanya menu minuman cappuccino sekarang bisa ditemui dan didapatkan sepanjang waktu sepanjang hari di Italia. Namun, hal ini hanyalah menu ‘khusus’ yang dibuat dengan pertimbangan agar para turis yang sedang berkunjung di Italia bisa merasa senang, akan tetapi kembali lagi bahwa meminum kopi susu di atas pukul 11 pagi tidak diterima masuk sebagai budaya meminum kopi di Italia untuk para orang Italia asli.

Menurut keterangan dari Giorgio Milos, seorang barista master di Illy, minuman kopi susu seperti salah satunya cappuccino, dianggap sebagai minuman untuk sarapan pagi untuk orang Italia karena produk susu sendiri memiliki imej dan hubungan erat dengan waktu pagi hari. Ditambah dengan faktor, pada umumnya orang Italia sendiri memang tidak terlalu banyak dan sering mengonsumsi minuman susu karena susu hanya untuk minuman bayi dan membuat cappuccino. Lalu bagaimana orangt-orang Italia menyiasati kebutuhan kafein, ketika di waktu siang hari? Ternyata mereka menyiasati hal tersebut dengan menyeruput espresso, yang tidak disebut sebagai espresso. Pasalnya, di Italia sendiri menu minuman espresso hanyalah kopi biasa yang disebut dengan nama ‘caffe’ dengan variasi seperti double shot (doppio) atau macchiato yang sedikit diberi tambahan susu.