Articles - Lifestyle

15 June 2017 | 17.33 WIB

Tips agar Tidak Makan Terburu-buru saat Berbuka Puasa

 

OneEast.co.id – Ketika puasa, Anda harus menahan rasa lapar dan haus. Hal ini membuat Anda sering makan terburu-buru dan berlebihan ketika berbuka puasa, atau sering disebut 'balas dendam'. Padahal, sangat penting mengontrol nafsu makan ketika berbuka puasa. Berikut tips untuk berbuka puasa dengan baik dan sehat seperti yang dikutip dari laman OkeZone.com, Kamis (15/6/2017).

Hindari makanan tinggi lemak, garam, dan gula

Sangat disarankan untuk memperhatikan metode memasak makanan berbuka puasa. Saat memasak, Anda bisa membuat resep favorit Anda saat Ramadan dengan merebus, memanggang, serta mengukus. Hindari makanan yang digoreng. Tambahkan bumbu rempah-rempah lainnya untuk membuat makanan terasa lezat, tanpa harus menambahkan banyak garam ke dalamnya. Jangan lupa untuk mengonsumsi buah-buahan untuk menambahkan kadar gula dalam darah Anda dan hindari konsumsi permen.

Karbohidrat yang baik

Selain menyertakan sayuran di dalam menu makanan, bukan berarti Anda melewatkan karbohidrat. Berbukalah dengan sumber karbohidrat kompleks seperti beras merah, pasta gandum, roti, maupun kentang.

Menggabungkan protein

Protein dapat mengembalikan energi Anda yang hilang saat berpuasa. Anda bisa memilih protein esensial tanpa lemak seperti susu, yogurt, telur, keju, ikan, dan unggas. Semua makanan itu mengandung protein berkualitas tinggi. Jika Anda vegetarian, sumber protein lainnya bisa diperoleh dari kacang-kacangan.

Santai saja Jangan terburu-buru menyelesaikan makanan Anda karena menyebabkan gangguan pencernaan dan masalah lambung lainnya. Kontrol diri dengan porsi makan yang masuk akal dan tidak melebihi jumlah yang biasanya Anda makan.

Selamat berbuka puasa ya!