OneEast.co.id – Liburan menjadi kegiatan yang menyenangkan setelah berkemas sebelum berangkat. Bagi sebagian orang, berkemas atau yang lebih sering disebut packing menjadi kegiatan yang menyebalkan, karena biasanya banyak orang bingung barang apa saja yang mesti dibawa, apalagi ketika liburan panjang seperti liburan akhir tahun seperti ini.

Seberapa banyak barang atau pakaian yang Anda bawa saat liburan tergantung dari musim, cuaca, dan lamanya perjalanan Anda. Saat bepergian Anda harus siap sampai batas bawaan tertentu, nah agar bawaan Anda bisa sesuai kebutuhan dan bisa meringankan bawaan, berikut tips berkemas yang dilansir dari laman Okezone.com, Rabu (27/12/2017).

  1. Jika Anda bepergian ke tempat yang cuaca atau musim dingin, cobalah untuk mengapak pakaian yang bisa digunakan berlapis-lapis. Pakaian yang berlapis lebih efektif dibawa, seperti sweater dan mantel besar. Pakaian berlapis tersebut juga bisa disesuaikan dan pakai dengan pakaian lainnya, seolah Anda memiliki banyak gaya sepanjang perjalanan, padahal hanya menggunakan beberapa pakaian.
  2. Membawa pakaian yang berwarna gelap atau netral lebih banyak daripada warna cerah atau warna lainnya, karena pakaian warna-warna gelap atau netral bisa membantu Anda menyembunyikan noda dan kotor. Bagi Anda yang juga traveler bisa mengenakan pakaian dua kali, juga bisa menggunakan pakaian berwarna gelap atau netral, karena bisa dipadu padankan dengan berbagai jenis dan warna celana atau bawahan.
  3. Agar bisa membawa pakaian lebih banyak atau barang lebih banyak, disarankan untuk tidak melipat pakaian seperti biasa. Namun, sebaiknya digulung seperti bentuk tabung. Hal ini dilakukan agar bisa menghemat ruang dalam koper atau tas ransel yang Anda bawa, selain itu juga bisa memudahkan Anda ketika mengambil pakaian nantinya.
  4. Ketika berlibur jangan lupa bawa plastik ke dalam tas atau koper. Pasalnya, plastik tersebut bisa membantu Anda untuk memisahkan pakaian kotor dengan pakaian bersih yang bisa Anda kenakan tanpa tercampur baunya dengan pakaian kotor. Tidak hanya itu saja, jika Anda berencana untuk mencuci pakaian di binatu, tas plastik itu juga memudahkan Anda ketika membawa pakaian kotor.
  5. Jika Anda memiliki sebuah panduan perjalanan, fotokopi saja halaman yang Anda butuhkan. Jangan membawa keseluruhan buku karena hal tersebut hanya memakan ruang pada koper atau tas ransel Anda. Selain itu, membawa buku dengan halaman banyak juga bisa memberatkan tas atau koper ketika dibawa.
  6. Ketika menulis daftar bawaan, cobalah untuk mengurangi barang-barang seminimal mungkin. Jangan menambahkan barang hanya karena Anda pikir mereka akan berguna, tapi belum tentu digunakan. Dari pengalaman yang sudah-sudah, sebagian besar waktu dan ruang terbuang hanya untuk mengemas barang yang hampir tidak pernah digunakan dan akhirnya hanya berada di dalam tas atau koper saja sepanjang perjalanan.
  7. Gunakan tas kedap air dan udara untuk pakaian dan barang penting. Pasalnya, jenis tas tersebut bisa melindungi pakaian dan barang-barang penting dari air atau segala sesuatu yang bisa menimbulkan basah.

Happy holiday!