Articles - Property

21 October 2016 | 14.39 WIB

Tips & Trik Siasati Ruangan Kecil Dengan Dekorasi Hemat

OneEast.co.id - Memiliki hunian idaman tak harus berukuran besar dan mewah. Namun, yang terpenting ialah tata letak dan penggunaan furnitur yang sesuai luas ruang hunian Anda.

Bagi Anda yang bingung untuk mengisi waktu luang diakhir pekan, mendekorasi rumah bisa jadi aktivitas menarik. Terlebih bila Anda mengidamkan hunian idaman, namun terbatas dengan luas ruangan.

Ruangan yang sempit bisa saja dibuat terlihat lebih luas dan tinggi, dan tentunya dengan budget se-minimum pun bisa saja dilakukan. Berikut beberapa cara agar membuat ruangan kecil terlihat tampak lebih luas, seperti dikutip dari Timesofindia beberapa waktu lalu.

Gunakan Cermin

Penggunaan material cermin di dalam ruang Anda bisa jadi solusi tepat untuk mendapatkan pandangan yang luas. Hal ini disebabkan cermin merupakan salah satu trik lama yang kerap digunakan untuk memberikan kesan besar pada sebuah ruangan. Bila memungkinkan sebaiknya pasang cermin berukuran besar di salah satu dinding ruangan Anda. Dengan begitu, cermin tersebut dapat merefleksikan seluruh sudut ruangan.

Gunakan tirai transparan

Cahaya alami nyata lebih baik memberikan banyak manfaat pada ruangan Anda. Khususnya bagi Anda yang menginginkan ruangan tampak lebih besar, maka disarankan untuk memanfaatkan cahaya alami dari luar ruangan. Caranya pun sederhana yakni gunakan tirai dengan model transparan pada tiap jendela, sehingge memungkinkan cahaya dari luar lebih banyak masuk ke dalam ruangan.

Karpet motif garis

Bila ruangan tempat tinggal Anda tergolong kecil, maka gunakan karpet untuk menambah kesan luas. Sebaiknya, pilihlah permadani atau karpet bermotif garis-garis, karena dapat memberikan ruang tersebut tampak luas.

Furniture rendah

Sebaiknya hindari penggunaan furnitur yang terlihat besar dan tinggi, karena hal tersebut malah akan memberikan ruangan menjadi sempit. Maka dari itu, furnitur dengan ukuran pendek atau kecil bisa meminimalisir penggunaan space yang berlebih.

Siasati langit-langit

Untuk memberikan nuansa luas di suatu ruangan, salah satunya dengan menyiasati langit-langit yang didekorasi dengan kertas dinding. Dengan begitu, langit-langit pada ruangan tempat tinggal Anda tidak akan terlihat sempit atau pendek.