Articles - Lifestyle

24 June 2017 | 17.37 WIB

Trik Makan Enak di Rumah Selama Pembantu Mudik Lebaran

 

OneEast.co.id – Peran asisten rumah tangga (ART) memang sangat dibutuhkan bagi masyarakat urban yang tinggal di perkotaan besar dengan segudang aktifitas yang padat. Tapi ada waktu tertentu dimana ART harus mengambil haknya dan libur dari urusan rumah, misalnya saat Lebaran datang. Seperti yang dikutip dari laman OkeZone.com, sebelum repot dan bingung mengurus kebutuhan pribadi dan kebutuhan keluarga, ada baiknya menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan sebelum si mbak mudik. Misalnya menyetok bahan makanan yang nantinya bisa disantap hanya dengan sedikit teknik pengolahan. Selebriti Chef Juna memberikan tips dan trik agar tetap bisa makan enak tanpa proses masak yang merepotkan.

"Sekarang bisa dibilang semua orang punya lemari es yang ada freezernya. Sebelum si mbak mudik, bikin dulu masakan yang bisa dibekukan dan disimpan lama dalam freezer," kata Chef Juna saat ditemui Okezone di Jakarta. Berbagai makanan bisa jadi stok misalnya ayam ungkep, ikan presto, otak-otak, siomay hingga sayur sup. "Bilang sama si mbak masak ayam ungkep yang banyak nanti simpan di freezer. Pas mau makan tinggal digoreng atau panggang. Simpel," lanjut mantan juri MasterChef Indonesia (MCI) ini.

Selain makanan, Chef Juna juga menyarankan membuat bumbu dasar yang bisa digunakan buat masak berbagai bahan makanan. "Bumbu merah, bumbu putih, bumbu kuning wajib ada. Atau kalau males bikin bumbu, bisa beli yang sudah siap jadi. Masak sebentar, aduk-aduk makanan langsung jadi. Kan sebenarnya makan enak enggak harus ngandelin ART," pungkas Chef Juna.