OneEast.co.id – Rumah adalah tempat istirahat terindah sekaligus tempat untuk melepas penat bersama keluarga. Pastinya dekorasi rumah yang nyaman dan sederhana bikin Anda betah berada di dalam rumah. Tapi sayang, masih banyak orang bingung untuk menentukan dekorasi rumah yang cocok karena berbagai hal. Termasuk karena budget yang takut membengkak atau malah bingung mencari dekorasi yang cocok.

Nah, saat momen awal tahun seperti ini tak ada salahnya Anda mencari dekorasi yang cocok, tapi tak merogoh kocek mahal. Ahli Dekorasi Rumah dari Dekorey Sufi membeberkan tips memilih dekorasi rumah dengan budget murah. Simak ulasannya berikut yang dikutip dari laman Okezone.com, Kamis (18/1/2018).

Buat anggaran yang tepat

Sebelum mendekorasi rumah, Anda wajib melakukan budgeting. Pilih dulu dekorasi apa yang cocok untuk mendukung properti rumah Anda. Anggarkan batas belanja Anda dengan membuat range pada masing-masing barang. Misalnya jika ingin mendapatkan sofa material kayu solid dengan harga maksimal Rp 5 juta. Belanjalah sesuai budget agar mudah terkendali. Syukur-syukur manfaatkan momen belanja diskon di online shop, supermarket penyedia dekorasi dan sebagainya.

Pilih dekorasi rumah sendiri (DIY)

Kalau kreatif, Anda pasti pintar membuat dekorasi rumah sendiri dengan budget minim. Misalnya, Anda membeli pot tanaman yang bisa dihias dari pecahan kaca yang sudah tidak terpakai, membuat vas bunga sendiri, cushion dari pakaian bekas Anda, dan hal lainnya. Anda juga bisa mendapatkan ide-ide DIY dari beberapa akun yang berada di media sosial yang sedang hits. Banyak pula ide peletakan dekorasi rumah yang tepat yang bisa ditiru.

Beli perabotan mentah

Anda bisa lebih hemat dengan membeli perabotan yang mentah. Biasanya membeli lemari atau kursi yang belum dicat atau di-furnished. Tak ada salahnya Anda mengkreasikan ide warna pilihan atau favorit. Pastinya cara ini lebih mantap dan memberi kepuasan tersendiri.

Pilih belanja barang bekas

Tidak salahnya Anda membeli beberapa dekorasi rumah yang sudah dipakai sebelumnya. Carilah info pameran barang bekas berkualitas agar mendapatkan perabotan yang sesuai budget dan keinginan. Barang bekas bukan berarti tidak layak pakai dan kualitasnya memburuk.

Gunakan barang lama

Jangan buang perabotan lama Anda, coba kreasikan dengan cat ulang barang lama Anda. Kalau ada yang rusak bisa diperbaiki. Yang suka dekorasi vintage Anda bisa menyatukan ide tersebut supaya menambah kesan untuk mengenang barang peninggalan atau manfaat lain.