Articles - Lifestyle

14 June 2017 | 21.52 WIB

Waduh, Ternyata Ini 5 Bahaya Main Ponsel Sebelum Tidur

 

OneEast.co.id – Ponsel, gadget, smartphone sudah seperti merasuki kehidupan banyak orang. Hampir sepanjang waktu orang selalu memainkan jari-jari mereka untuk menggunakan gadget. Selain mempengaruhi kehidupan sosial, penggunaan gagdet, termasuk ponsel atau smartphone juga memberikan dampak terhadap kesehatan. Terlebih, saat ini orang-orang masih main ponsel sebelum tidur. Tanpa disadari, 5 risiko berikut ini akan mengintai Anda yang sering main ponsel sebelum tidur seperti yang dikutip dari laman OkeZone.com, Rabu (14/06/2017):

Kurang Tidur

Cahaya biru yang dipancarkan oleh smartphone dapat mempengaruhi produksi melatonin. Melatonin adalah salah satu hormon yang membantu seseorang untuk tidur dan siklusnya. Biasa menggunakan smartphone di malam hari sebelum tidur dapat menyebabkan kurang tidur dan masalah kesehatan lain, termasuk depresi.

Risiko Tinggi Kanker

Melatonin juga merupakan hormon penting karena memiliki sifat antioksidan, sehingga membantu tubuh melawan kanker, terutama payudara dan prostat.

Mempengaruhi Otak

Ketika tidur Anda terpengaruh, karena terlalu banyak terpapar cahaya dari smartphone, maka selanjutnya akan menyerang otak. Ketika seseorang kurang tidur, maka akan mempengaruhi metabolisme tubuh dan aliran di otak akan terpengaruh.

Ketegangan Mata

Ketika menatap layar smartphone di ruangan gelap, maka cahaya birunya akan langsung menyerang mata. Hal tersebut dapat menyebabkan ketegangan mata dan terasa sakit. Bila berlangsung terus-menerus, secara permanen dapat merusak penglihatan juga.

Kerusakan Retina

Cahaya biru yang dipancarkan oleh ponsel, lebih khusus smartphone, memiliki panjang gelombang terpendek. Hal ini memengaruhi visi dan dampak jangka panjangnya dapat merusak retina.

Jadi, hati-hati ya menggunakan handphone sebelum tidur!