Articles - Property

17 June 2016 | 09.53 WIB

7 Tips Agar Ruang Kerja di Rumah Semakin Sempurna

 

One-East.com – Pada era modern saat ini, bekerja dari rumah semakin populer di kalangan masyarakat perkotaan. Meski begitu, perlu sentuhan dekorasi agar rumah semakin nyaman saat digunakan sebagai kantor.

Memiliki hunian sekaligus kantor tentu menjadi impian banyak orang. Berbagai cara pun coba dilakukan, mulai dari mendekorasi ulang ruangan hingga memberikan berbagai item baru agar suasana tampak lebih segar.

Dikutip dari situs web Decorist.com beberapa waktu lalu, secara khusus dari desainer Decorist memberikan tips praktis bagi Anda yang menginginkan ruang kerja nyaman dan mampu menghadirkan suasana kerja yang produktif serta praktis.

1. Jangan batasi dengan perabotan khas kantor

Bila Anda termasuk orang yang rapi dalam urusan tata ruang, sebaiknya hindari penggunaan box file dan bindex file di atas meja atau di dalam bufet. Pilihlah meja dengan penyangga, seperti the strut table dari BluDot. Selain itu, gunakan kursi berbahan kayu dengan rangka alumunium. Untuk menambah kehangatan dalam ruangan bisa sediakan selimut berbahan woll.

2. Gunakan cat yang dekoratif dan fungsional

Pertimbangkan ketika ingin mendekorasi dinding, konsep papan tulis dengan coretan kapur tulis warna-warni bisa jadi pilihan kreatif. Dengan menerapkan pola ini, dinding dalam ruang kerja Anda akan terkesan artistik. Anda bisa menuliskan list deadline kerjaan di dinding berwarna hitam yang berada di depan meja kerja.

3. Tambahkan karpet

Karpet dengan motif warna-warni akan menambah ruang kerja menjadi lebih ceria. Gunakan karpet charm wool dari West Elm yang menjadi favorit dari desainer decorist akan memberikan suasana segar dan nyaman.

4. Menerapkan gaya serba putih

Warna putih selalu menjadi ikon yang memberikan efek terang, karena itu menggunakan perabotan serba putih di ruang kerja rumah Anda bisa jadi solusi terbaik. Selain membuat terang, penggunaan corak putih akan memberikan perpaduan estetika dan fungsional dari konsep desain. Untuk penggunaan lampu gantung di ruangan, usahakan agar cahaya bisa tegak lurus dengan meja.

5. Kembangkan pola pikir dengan buku

Buku merupakan barang wajib yang ada di ruang kerja rumah Anda. Selain membantu mencari inspirasi saat mengejar deadline kerjaan, buku dapat mengembangkan pola pikir dari segala informasi yang disajikan. Karena itu, bisa manfaatkan bufet untuk meletakan buku dan berbagai perlengkapan kantor lainnya. 

6. Sediakan tanaman di ruang kerja

Tanaman di dalam ruang kerja bisa membantu Anda mendapatkan udara segar di saat produktivitas menurun. Tidak perlu banyak, cukup satu atau dua tanaman hijau dengan pot berukuran sedang, atau bisa menyediakan berbagai tanaman kaktus mini yang berjejer di atas meja.

7. Dekorasi sesuai kepribadian

Dalam mendekorasi ruangan, menunjukan karakter diri Anda dalam ruangan tersebut tentu solusi tepat, seperti memberikan sentuhan kreatif ala 80-an atau 90-an. Selain itu, memajang berbagai foto zaman dulu atau saat berlibur cukup menarik untuk diterapkan.