Articles - Travel

22 January 2018 | 19.07 WIB

8 Museum Unik di Dunia, Salah Satunya Museum of Broken Relationships

 

OneEast.co.id – Berapa banyak museum yang pernah Anda kunjungi di Indonesia? Museum yang ada di Indonesia biasanya berisi benda-benda bersejarah maupun benda purbakala yang nilai sejarahnya sangat tinggi. Tapi lain halnya dengan beberapa museum di beberapa Negara yang koleksinya tidak melulu memiliki nilai sejarah, melainkan juga unik dan aneh. Beberapa museum di dunia yang memiliki koleksi yang unik & aneh seperti yang dikutip dari laman Okezone.com, Senin (22/1/2018) diantaranya ada 8 museum di bawah ini:

Lunchbox Museum

Lunchbox Museum yang ada di Georgia adalah rumah bagi ribuan kotak bekal. Bukan sembarang kotak bekal, yang disimpan di sini adalah kotak logam berhias gambar karakter yang populer di tahun 1920 sampai 1970-an. Pemilik museum adalah Allen Woodall. Dia mengumpulkan 3.500 kotak orisinil bergambar Smurf, Disney, Superman, Spider Man, James Bond, Bionic Woman, Snoopy, dan karakter populer lainnya. Kotak yang paling langka bernilai hingga USD2.500.

Icelandic Phallological Museum

Kelamin berbagai makhluk hidup Kota Reykjavk, Islandia memiliki sebuah museum yang begitu unik hingga terkenal di seluruh dunia. Inilah Icelandic Phallological Museum yang dikelola oleh ayah dan anak, Sigurour Hjartarson dan Hjortur Gisli Sigurdsson. Sesuai namanya, museum ini menyimpan koleksi phallus alias kelamin. Setidaknya ada 280 spesimen kelamin yang jadi koleksi.

Siriraj Medical Museum

Siriraj Medical Museum yang ada di Rumah Sakit Siriraj, Bangkok, Thailand disebut warganya sebagai museum kematian. Museum ini menyimpan sejumlah jenazah yang sudah diawetkan. Di antara koleksi paling bikin bergidik antara lain jenazah beberapa bayi yang meninggal karena komplikasi dalam kandungan, korban pembunuhan, serta jenazah para pelaku kejahatan yang sudah diawetkan.

Sublabh International Museum of Toilets

Sesuai namanya, museum yang berdiri di New Delhi, India ini menawarkan ratusan spesimen kloset kuno dari seluruh dunia. Ada toilet para raja dan ratu yang begitu mewah. Misalnya saja kloset yang pernah dipakai oleh Ratu Victoria dari Inggris, kloset Raja Louis XIV dari Prancis.

Museum of Broken Relationships

Museum di Zagreb, Kroasia ini memamerkan barang-barang kenangan dari pasangan yang sudah putus atau bercerai. Ada souvenir, foto, surat, dan benda-benda lain yang menyimpan kenangan saat pasangan masih bersama. Uniknya, museum ini digagas oleh pasangan yang sudah berpisah pula. Olinka Vistica yang seorang produser film dan Drazen Grubisic, seorang pemahat memutuskan untuk mendirikan museum setelah hubungan mereka yang dijalani selama 4 tahun kandas.

Museum Chinsekikan

Museum ini berada di Chichibu, Kota Tokyo, Jepang. Ruangan museum tak terlalu besar, tetapi menyimpan 1.700 buah batu. 900 di antaranya memiliki wajah seperti manusia. Ada yang mirip karakter ET, Elvis Presley, Boris Yeltsin, bahkan Yesus. Dilansir Bored Panda, museum ini sudah dijalankan oleh dua generasi ibu dan anak. Sampai saat ini museum masih mencari batu-batu berbentuk aneh untuk ditambahkan ke dalam koleksi.

Museum of Celebrity Leftovers

Irisan French toast yang tak habis disantap Justin Timberlake, potongan mentimun dari bekas makanan aktris Mia Wasikowska, dan remah puding roti yang sempat dicicipi oleh Pangeran Charles disimpan di dalam kaca tertutup dan dipamerkan dalam salah satu ruangan di Old Boatstore Cafe, Cornwall, Inggris. Inilah koleksi berharga Museum of Celebrity Leftovers. Pemilik museum ini adalah Michael dan Francesca Bennett. Pasangan suami istri itu sengaja mengumpulkan memorabilia selebriti yang paling unik.

Museum of Failures

Museum of Failures, Swedia menyimpan berbagai inovasi gagal dari seluruh dunia. Di antaranya adalah Coca Cola rasa kopi yang gagal total di pasaran, kamera digital pertama buatan Kodak, Nokia N-Gage, dan permainan Monopoli gaya baru versi Donald Trump. Dilansir Business Insider, Museum of Failures merupakan gagasan nyeleneh dari Samuel West. Dia mengumpulkan koleksinya dengan susah payah dari seluruh dunia.

Anda tertarik untuk mengunjungi yang mana?