Articles - Property

24 November 2017 | 17.45 WIB

Apartemen Termahal di Asia, Dijual Seharga Rp2 Triliun

 

OneEast.co.id - Properti di Hong Kong merupakan salah satu yang termahal di dunia. Di mana sepasang apartemen mewah di kota ini sekarang dinobatkan sebagai apartemen termahal di Asia. Seperti dikutip dari laman Okezone.com, Kamis (23/11/2017), dua unit dalam pengembangan perumahan mewah di The Peak terjual pada bulan ini seharga 1,1,6 miliar dolar Hong Kong atau setara dengan USD149 juta (Rp2 triliun, kurs Rp13.350 per USD)

Seorang pembeli yang tidak diketahui namanya membayar seharga USD76,8 juta untuk apartemen seluas 4.579 kaki persegi dan sekitar USD71,7 juta untuk apartemen dengan luas 4.242 kaki persegi. Hal itu berdasarkan data Wheelock Properties yang mengawasi penjualan properti tersebut. Properti kedua seharga 132.000 dolar Hong Kong per kaki persegi adalah tempat tinggal termahal di Asia dalam hal biaya per kaki persegi. Hong Kong adalah kota yang sangat kontras.

Menurut UBS, Hong Kong menjadi kota termahal di dunia untuk apartemen. Namun, pada saat yang sama, ruang tamu rata-rata hanya 150 kaki persegi per orang. Sementara itu, tenaga kerja terampil rata-rata harus mendapatkan gaji selama 20 tahun untuk mendapatkan apartemen seluas 650 kaki persegi di pusat kota.

Pada hari yang sama, berita tentang apartemen paling mahal di Asia keluar, pihak berwenang Hong Kong mengatakan bahwa mereka menerima aplikasi dari 88.000 keluarga yang memperjuangkan 620 rumah bersubsidi yang tersedia, sebuah rekor tertinggi sejak penjualan perumahan bersubsidi dimulai pada 2013. Apartemen yang dijual 30% di bawah nilai pasar, dikembangkan oleh penyedia perumahan nirlaba Housing Society. Program perumahan bersubsidi dihentikan sementara pada 2002 untuk meningkatkan harga properti, yang terus meningkat dalam beberapa bulan terakhir.

Menurut South China Morning Post, ketua Perumahan Masyarakat Marco Wu Moon-hoi mengatakan, ketidakseimbangan antara penawaran dan permintaan properti di Hong Kong menjadi hal yang serius dan sangat mengkhawatirkan. Hong Kong adalah kota terkaya kedua di dunia, dengan cadangan fiskal lebih dari 900 miliar dolar Hong Kong, namun kurang dari sepersepuluh dari luas tanahnya dikategorikan untuk perumahan.

Wu mengatakan bahwa The Housing Society, penyedia perumahan publik nirlaba terbesar kedua di Hong Kong, memiliki sumber daya dan kapasitas untuk menciptakan unit yang lebih bersubsidi, namun tidak dapat melakukannya tanpa alokasi lahan lagi.