Articles - Property

08 March 2017 | 09.57 WIB

Akses Transportasi Jadi Pertimbangan Konsumen Beli Properti

 

OneEast.co.id - Angka pertumbuhan rumah setiap tahun terus mengalami peningkatan. Bahkan, di daerah perkotaan kini semakin sulit menemukan hunian baru. Karena itu, tak heran jika daerah perbatasan kota menjadi solusi bagi setiap orang yang akan membeli hunian baru.

Seiring menipisnya hunian di daerah perkotaan, kini pasar properti khusus sektor hunian mulai beralih ke daerah pinggiran kota. Sebut saja Jakarta sebagai pusat kota, maka daerah seperti Tangerang, Bekasi, Depok, dan Bogor menjadi lokasi paling efektif untuk membeli hunian baru.

Hal ini karena daerah tersebut telah didukung dengan beragam akses transportasi umum yang tentunya memudahkan mobilitas para penghuni. Karena itulah, kemudahan akses transportasi umum menjadi kunci saat akan membeli rumah atau apartemen di pinggiran kota.

Seperti diungkapkan oleh Country General Manager rumah123.com Ignatius Untung, jika kita bekerja di kota dan tinggal di dekat kota maka waktu yang ditempuh menuju tempat kerja akan lebih cepat. Menurutnya hampir tidak memungkinkan untuk memiliki hunian di pusat perkotaan, karena itu kawasan pinggiran kian banyak diincar oleh para pencari hunian baru.

Terlebih ke depannya daerah-daerah penyanggah Ibu Kota akan memiliki dukungan akses modern public transportations, seperti Mass Rapid Transit (MRT), dan Light Rail Transit (LRT) yang kini proses pengerjaannya sedang dilakukan. Untuk tak heran jika pengembang semakin gencar melakukan pembangunan di daerah pinggiran kota.

Ternyata tren ini tidak hanya terjadi di Ibu Kota saja melainkan di kota-kota besar lainnya di Indonesia bahwa betapa pentingnya akses public transportation ketika membeli rumah atau apartemen. Salah satunya yang dilakukan oleh MNC Land ketika mengembangkan hunian apartemen mewah, One East di Surabaya. Tak dipungkiri bahwa lokasi One East dekat dengan beberapa sarana umum, mulai dari Bandara Internasional Juanda, Rumah Sakit Internasional, CBD, Kampus,  dan transportasi umum.

Dengan demikian, para penghuni tak perlu mengalami kesulitan ketika memilih tinggal di apartemen One East, karena aksesnya yang dekat kota tentu akan jadi pilihan terbaik investasi jangka panjang.