Articles - Property

02 March 2017 | 10.33 WIB

Catat Ini... Cara Menata Ruang Keluarga Agar “Eye Catching’ dan Tetap Fungsional

 

OneEast.co.id - Tak dipungkiri bahwa ruang keluarga seringkali menjadi tempat untuk berkumpul seluruh anggota keluarga saat santai. Karena itu, sebaiknya pilihlah furnitur yang fungsional untuk diletakkan di ruang keluarga.

Ruangan keluarga cukup identik dengan tersedianya sofa sebagai titik sentral saat berkumpul. Selain itu, perabotan hiburan seperti televisi dan home teater akan menghiasi ruang keluarga tersebut. Lalu, bagaimana cara mengatur furnitur lainnya di ruang keluarga agar tepat sesuai dengan fungsinya?

Nah, berikut ini ulasan yang bisa dijadikan referensi ketika Anda mengatur furnitur di ruang keluarga di rumah atau apartemen, seperti dikutip dari laman OverStock.com beberapa waktu lalu.

Titik fokus

Biasanya, ruang keluarga selalu memiliki titik fokus yang fungsinya pun beragam, mulai dari yang menghadap ke televisi, dan furnitur lainnya menyesuaikan ke satu titik fokus tersebut, yaitu pada hiburan di televisi. Untuk itu, letakkan beberapa furnitur seperti sofa panjang, meja dan lampu gantung yang disesuaikan dengan posisi televisi tersebut.

Speaking area

Ruang keluarga sangat identik dijadikan sebagai ruang diskusi bersama keluarga. Maka dari itu, tak heran jika beberapa desain ruang keluarga berfokus pada peletakkan kursi atau sofa sebagai tempat duduk untuk berbincang. Namun, idealnya Anda bisa menata posisi sofa dan kursi lainnya seperti berbentuk huruf U, dan meja berada di tengah, dengan begitu akan memudahkan Anda dan anggota keluarga lainnya untuk saling berbincang dan menanggapinya.

Sediakan meja kecil

Meja merupakan salah satu perabotan yang wajib tersedia di ruang keluarga. Fungsinya pun cukup beragam, bisa Anda gunakan sebagai tempat meletakkan kopi atau teh, bermain game dan lain sebagainya.

Rak buku di dinding

Cara mengatur tata letak ruang keluarga agar tampak lebih eye catching dan fungsional maka bisa meletakkan rak buku di salah satu sudut dinding. Desain ini membuat ruang keluarga nyaman dan menghemat ruang. Rak sangat bagus untuk menyimpan buku, DVD, atau properti bermain game.