Articles - Property

05 January 2017 | 16.21 WIB

Dekorasi Ruang Kerja Mampu Tingkatkan Produktivitas Kerja, Nih Tipsnya...

 

OneEast.co.id - Tak sedikit orang mengalami rasa malas usai menikmati libur panjang. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar produktifitas dalam bekerja kembali seperti semula, salah satunya dengan mengubah dekorasi ruang kerja.

Mendekorasi ruang kerja tentu setiap orang memiliki test masing-masing. Maka dari itu, tak heran ada yang menyukai bekerja di lingkungan yang sunyi dan tentram atau sebaliknya di tempat yang ramai dan berbaur dengan banyak orang.

Agar gairah bekerja di kantor kembali seperti sedia kala, maka Anda bisa lakukan beberapa hal penting. Berikut ini ulasannya seperti yang telah dirangkum dari berbagai sumber oleh tim OneEast.co.id.

Ganti nuansa warna kantor

Warna memiliki pengaruh terhadap psikologis seseorang, karena itu cara ini dirasa paling tepat untuk membangkitkan gairah bekerja di kantor usai libur panjang. Misalnya, penggunaan warna merah yang memiliki makna agresif sehingga memberikan nuansa ketegangan dan ceria saat mengejar deadline pekerjaan kantor.

Maka dari itu, tak ada salahnya jika Anda sebagai atasan memiliki ide untuk mengganti nuansa warna kantor. Beberapa skema warna yang populer pada tahun ini, seperti warna pastel bisa jadi pilihan untuk memberikan nuansa berbeda agar lebih semangat bekerja.

Gunakan aroma ruangan berbeda

Biasanya pewangi ruangan memiliki beragam aroma yang dapat dipilih. Untuk itu, cara ini bisa jadi solusi untuk memberikan nuansa berbeda dari sudut aroma ruangan, namun sebaiknya hindari aroma-aroma tertentu yang bisa mempengaruhi fokus dan mood karyawan menjadi menurun.

Beberapa aroma yang bisa Anda pilih, misalnya aroma pinus yang meningkatkan ketajaman fokus, lavender memberi efek menenangkan, dan aroma jeruk membuat lingkungan terasa lebih segar.

Putar musik sebagai latar belakang suasana

Musik memberikan pengaruh terhadap tingkat produktivitas seseorang, tapi sebaiknya pilih lantulan lagu yang universal sehingga siapapun dapat mendengarkan. Hal ini didasari karena setiap orang di kantor memiliki selera musik yang berbeda, karena itu memilih playlist yang populer dan cenderung umum tentu dapat diterima oleh siapapun.

Meski begitu, Anda juga bisa menggunakan perangkat earphone agar musik favorit hanya didengarkan secara individu. Dengan begitu, mood bekerja dapat kembali bergairah dan bersiap untuk mengejar deadline yang sudah ada.

Tata cahaya yang baik

Sebaiknya, lalukan pengecekan kembali apakah pencahayaan di ruang kerja Anda sudah sesuai. Tata pencahayaan yang baik tentu memberikan pengaruh yang positif bagi produktivitas para karyawan, namun sebaliknya bila cahaya kurang sesuai maka kerja pun menjadi terasa malas.