Articles - Property

20 January 2017 | 14.34 WIB

Hary Tanoe Berkunjung ke AS, Bahas Proyek MNC Land di Lido & Bali

 

OneEast.co.id - Chairman & CEO MNC Group, Hary Tanoesoedibjo berkunjung Amerika Serikat untuk bertemu dengan kedua anak pemilik bisnis Trump Hotel Collection, yakni Donald Jr dan Eric. Selain membahas mengenai kerjasama bisnis proyek Lido dan Bali, kali ini Hary Tanoe turut menghadiri inagurasi pelantikan Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Donald Trump.

Dikutip dari laman Reuters, Hary Tanoe dalam kunjungannya ke AS dalam rangka menghadiri inagurasi Trump sebagai Presiden AS. Pada kunjungan kali ini dirinya telah menemui dua anak Trump selama kurang lebih 2,5 jam di Trump Tower, untuk membahas mengenai progres proyek properti milik MNC Land di Indonesia. Bahkan, Donald Jr berencana untuk datang ke Indonesia pada musim panas tahun ini. 

Hary mengatakan, dalam perjanjian bisnisnya dengan Trump telah disepakati sejak awal 2015 lalu. Mengenai langkah Trump untuk masuk ke Gedung Putih dengan latar belakang sebagai pengusaha memang tidak biasa, terlebih dia belum pernah berkecimpung dalam dunia politik.

Meski begitu, keputusan Trump untuk tetap menjaga kepemilikannya di perusahaannya, menimbulkan kekhawatiran adanya isu konflik kepentingan. Bahkan, media di AS mengkhawatirkan akan adanya konflik kepentingan Trump sebagai Presiden AS, terhadap bisnisnya di Indonesia. Namun hal itu langsung dibantah oleh Hary Tanoe.

"Kami tidak membuat proyek baru sejak dia (Trump) memutuskan untuk ikut pemilihan Presiden AS berikutnya. Jadi saya pikir tidak ada konflik kepentingan," kata Hary dikutip dari Reuters, pada Kamis (19/1/2017) di Trump International Hotel, Manhattan.

Lanjutnya, konflik kepentingan terjadi bila setelah dia memenangkan kampanye dan kami memutuskan untuk menambah proyek baru, berarti itu kami memasuki area abu-abu. Namun proyek kami sebenarnya sudah diputuskan jauh sebelum itu.

Selain itu, Trump juga pernah mengatakan, perusahaannya tidak akan membuat kesepakatan apapun saat dia menjadi presiden. Perusahaan akan dijalankan oleh kedua anak tertuanya, yaitu Donald Jr dan Eric. 

Seperti diketahui, MNC Land yang merupakan salah satu unit bisnis sektor properti dari MNC Group menjalin kerjasama dengan Hotel Trump Collection untuk pembangunan proyek di Lido, Sukabumi dan Bali. Kerjasama yang dilakukan untuk pembangunan hotel & resort, golf course, country club, dan residential. Dalam kerjasama bisnis ini MNC Land menginvestasikan sekitar US$ 500 juta hingga US$ 1 miliar untuk pengembangan proyek di Lido dan Bali dan properti tersebut akan mulai beroperasi di awal 2019 mendatang.