Articles - Property

09 February 2017 | 13.15 WIB

Nih... Tata Cara Perawatan Furnitur Kayu Agar Awet

 

OneEast.co.id - Untuk sebagian orang memilih perabotan berbahan kayu karena memiliki nilai keindahan seni yang tinggi. Terlebih bagi seseorang yang menyukai karakteristik tema klasik maka akan cenderung memilih ornamen berbahan kayu. Namun begitu, tentu ada cara khusus agar furnitur berbahan kayu di hunian Anda tetap awet digunakan.

Tak dipungkiri lagi bahwa perabotan berbahan kayu jati memiliki nilai estetika yang tinggi dan menarik untuk dijadikan pilihan interior ruangan. Selain menambah nuansa berkelas yang klasik, furnitur berbahan kayu dapat memberikan  

Nah, berikut ini tata cara merawat perabotan berbahan kayu agar tidak mudah rusak., seperti yang dikutip dari berbagai sumber.

Perhatikan Suhu Ruang

Faktor penting ketika di hunian Anda terdapat perabotan dari berbahan kayu adalah perhatikan suhu ruangan. Sebaiknya suhu pada ruangan yang didominasi dengan furnitur kayu sebaiknya haruslah memiliki suhu normal, tidak panas atuau dingin.

Bila ruangan tersebut bersuhu panas maka akan membuat kadar minyak pada kayu cepat mengering sehingga warna kayu cepat pudar dan kusam. Lalu, bila suhu terlalu dingin juga dapat mempercepat proses oksidasi yang dapat menyebabkan timbulnya jamur dan menjadi sarang berkembangbiaknya rayap atau serangga kayu lain.

Bersihkan debu secara rutin

Sebaiknya, langkah rutin yang perlu Anda lakukan ketika memiliki perabotan kayu sering-seringlah untuk dibersihkan dengan menggunakan kemoceng atau berbahan lembut. Selain itu, Anda juga bisa gunakan bahan kaos yang halus berukuran kecil untuk membersihkan sela-sela ukir pada kayu.

Selanjutnya, bisa semprotkan cairan khusus kayu dengan kain dan biarkan mengering. Tapi, sebaiknya hindari untuk menggunakan pembersih furnitur yang mengandung bahan solvent seperti metanol, toluen, acetone, karena bahan-bahan kimia tersebut dapat merusak lapisan permukaan kayu jati.

Poles dengan minyak khusus kayu

Poles furnitur kayu jati dengan minyak jati untuk membuat warna furnitur tetap alami. Furnitur kayu yang ditaruh outdoor umumnya finishing atau coating akan memudar. Anda bisa me-refinishing-nya 2-3 tahun sekali untuk membuatnya lebih indah.