Articles - Property

13 January 2017 | 08.49 WIB

Nih... Gedung Pencakar Langit yang Mampu Hilangkan Kabut Asap

 

OneEast.co.id - Teknologi yang terus mengalami perkembangan ternyata turut memberikan andil bagi pembangunan gedung futuristik pada masa mendatang. Arconic merupakan salah satu perusahaan manufaktur dunia yang berencana membangun gedung pencakar langit hingga setinggi tiga mil.

Kehadiran gedung-gedung pencakar langit di berbagai kota besar tentu tidak bisa dihindari, bahkan kini banyak para pengembang di dunia yang berlomba-lomba menciptakan gedung pencakar langit tertinggi di dunia. Sebut saja Dubai, Amerika, China dan beberapa negara di dunia lainnya juga menciptakan bangunan tertinggi, termasuk Indonesia dan kawasan Asia.  

Dikutip dari laman BusinessInsider, Jumat (13/1/2017), Arconic pun menjadi salah satu perusahaan manufaktur di dunia yang berencana mengembangkan proyek gedung pencakar langit. Hanya kali ini bahan-bahan yang nantinya akan digunakan bisa dikatakan tidak biasa, karena dari bahan yang digunakan akan membantuk untuk menghilangkan asap atau kabut, serta balkonnya pun bisa didorong keluar dan ditarik masuk kembali.

Ilmuwan Arconic, Sherri McCleary mengungkapkan salah satu bahan utama yang nantinya akan digunakan adalah EcoClean. EcoClean merupakan lapisan khusus yang dapat membantu bangunan membersihkan secara otomatis udara di sekitar bangunan tersebut.

“Pertama kali dirilis pada 2011 lalu dan tentunya menawarkan sejumlah manfaat dari panel jendela kaca tradisional. Selain itu, lapisan fungsional juga memberikan estetika dengan mengurangi kandungan polutan di sekitarnya,” ujarnya McCleary.

Ia juga mengatakan, sistem kerjanya pun EcoClean akan bekerja dengan bantuan dari uap cahaya dan air, selanjutnya dicampur dengan bahan kimia sehingga menghasilkan atom radikal bebas. Melalui radikal bebas itulah polutan di sekitar gedung akan dibersihkan secara otomatis.

Lanjutnya, jendela pada bangunan tersebut pun akan menjadi inovasi lainnya. Desain jendela tersebut dinamakan Bloomframe, jendela bisa berkonversi dari jendela menjadi semuanya berbentuk kaca dalam kurun waktu di bawah satu menit.

"Arconic telah mengenalkan teknologi ini di pameran perdagangan di seluruh penjuru dunia. Selanjutnya, kami akan masuk pasar dalam waktu dekat ini," ucapnya juru bicara perusahaan Arconic.

Sementara itu, untuk di Indonesia teknologi seperti ini memang belum tersedia di gedung-gedung pencakar langit. Hanya sistem smart office atau office automation dan green building yang kini banyak diterapkan oleh para pengembang gedung perkantoran di Indonesia, khususnya di kota-kota besar.

MNC Media Tower merupakan salah satu gedung pencakar langit yang juge menerapkan sistem teknologi canggih, yakni office automation atau smart office. Beragam teknologi canggih terintegrasi di dalamnya, seperti ultra high-speed fiber optic internet access, interactive tv platform, crystal clear video telephone, dan beberapa teknologi lainnya. Meski begitu, gedung pencakar langit milik MNC Land ini baru akan selesai dibangun pada Kuartal II 2018.