Articles - Property

03 February 2017 | 14.07 WIB

Ornamen Budaya Lokal Bisa Jadi Pilihan Tepat Material “Living Room”

 

OneEast.co.id - Beda orang tentu berbeda selera, pepatah tersebut sangat cocok bagi Anda yang memiliki selera berbeda ketika mendekorasi rumah. Bahkan, tak jarang sesama pasangan pun seringkali menemui perbedaan dalam memilih desain interior rumah, khususnya ruang santai.

Tren desain interior selalu mengalami perubahan setiap tahun, karena itu wajar saja bila seseorang mengingkan perubahan desain yang sesuai dengan selera. Nah, khusus bagian ruang santai atau living room seringkali menjadi hal penting dalam bagian rumah. Hal ini dikarenakan living room selalu jadi pilihan utama bagi siapa pun untuk sekadar berbincang santai di dalam rumah.

Bila Anda berencana melakukan dekorasi ruang santai maka sebaiknya bisa padu-padankan gaya modern dengan budaya lokal Indonesia. Seperti dikutip dari laman Okezone.com beberapa waktu lalu, seorang desain principal, Sigit Kusumawijaya mengatakan, unsur-unsur etnik untuk interior ruang bisa dibuat dengan kreativitas sendiri sehingga semakin memberikan nuansa yang cukup nyaman saat bersantai.

Misalnya, dapat menggunakan kain tradisional atau furnitur yang berasal dari material kayu dan batu alam. Dengan adanya ornamen tersebut dalam interior rumah Anda tentu akan memberikan nuansa hangat laiknya fungsi dan filosofi dari material tersebut.

“Untuk urusan pencahayaan bisa dibuat lebih terang agar ruangan terlihat lebih besar. Karena untuk karakter etnik cenderung menampilkan warna agak gelap sehingga memberikan tata cahaya yang baik bisa jadi solusi tepat. Selain itu, minimalkan penggunakaan aksesori berlebihan,” ucapnya Sigit.

Ia juga menambahkan, untuk memiliki living room yang nyaman dan penuh inovasi tentu tak harus memakan biaya besar. Cukup manfaatkan kain bekas dengan corak tradisional sebagai salah satu yang digunakan untuk material dekorasi.

“Untuk memberikan nuansa etnik yang khas dalam interior living room, sebaiknya bisa menunjukkan ukiran asli yang dibuat dengan tangan bukan cetak, sehingga tetap menjadi khas dalam gaya interior hunian Anda,” ujarnya.