Articles - Property

24 February 2017 | 10.12 WIB

Tahun Ini... Prospek Investasi Properti Diprediksi Membaik

 

OneEast.co.id - Sempat lesu pada beberapa tahun belakangan ini, diprediksi oleh sejumlah pihak bahwa pasar properti Tanah Air akan terus membaik hingga tiga tahun ke depan. Maka dari itu, tahun ini merupakan waktu yang tepat bagi Anda yang berencana untuk membeli properti.

Pasar properti di Tanah Air memang mengalami fluktuatif selama beberapa tahun belakangan ini. Namun, sejak pada 2015 hingga 2016 lalu telah menjadi waktu pemulihan untuk pasar properti nasional. Hal ini tentu dibuktikan oleh berbagai aktivitas penjualan properti di berbagai sektor sejak 2016 lalu.

Sejumlah instansi pun memprediksi mengenai pertumbuhan pasar properti Tanah Air, salah satunya yang dilakukan oleh Colliers Indonesia. Colliers Indonesia memprediksi bahwa akan terjadi perubahan yang siginifikan terhadap pasar properti di paruh kedua tahun ini. Karena itulah, tahun ini dirasa waktu yang cukup tepat untuk membeli produk properti.  

Associate Director Colliers International Indonesia, Aleviery Akbar mengatakan, bagi investor ini adalah kesempatan yang cukup baik untuk membeli properti. Harganya pun cukup menguntungkan, maka tak heran jika 2017 sangat disarankan karena akan ada beberapa program menarik, seperti keringanan pembayaran, diskon, dan beberapa promosi lainnya.

Adanya perhatian pemerintah

Terlebih dengan adanya perhatian khusus dari pemerintah maka semakin cepat pemulihan di sektor properti nasional. Beragam kebijakan dari pemerintah pun dilakukan, mulai dari adanya kebijakan tax amnesty yang berdampak pada sektor properti, penurunan batas minimal uang muka (DP), cicilan ringan, hingga program rumah bersubsidi.

Bahkan, dikutip majalah One Magz edisi 2 (Januari - Maret 2017) yang mengutip dari laman Rumah.com, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Rumah Umum dan Komersial Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan akan membantu dalam sektor prasarana, saran, dan utilitas (PSU) terhadap program rumah bersubsidi.

Nantinya dalam bantuan tersebut akan terdiri dari tiga komponen utama yang meliputi jalan lingkungan, penerangan jalan umum (PJU), dan ruang terbuka non hijau, seperti lapangan olahraga, taman bermain, dan tempat parkir khusus sektor rumah susun. Nah, tunggu apalagi segera cari rumah idaman Anda karena tahun ini menjadi waktu yang tepat untuk berinvestasi di sektor properti.

Selain itu, sejumlah kebijakan lainnya dari pemerintah yang turut mendukung percepatan pemulihan properti, seperti turunnya pajak untuk pembeli, dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah atau Bangunan (BPHTP) akan memberikan pengaruh pada sektor properti nasional. Selanjutnya, tinggal Anda yang menentukan produk properti jenis apa yang akan dibeli tahun ini, baik itu rumah subsidi atau hunian komersial tentu cukup memberikan keuntungan.