Articles - Property

15 March 2017 | 09.52 WIB

Tips Siasati Menata “Home Theater” di Hunian Tipe Kecil

 

OneEast.co.id - Menonton film kini semakin beragam saja pilihannya, baik itu dilakukan di gedung bioskop konvensional, device seperti laptop atau smartphone, private cinema room, dan tentunya bisa di rumah dengan media home theater.

Home theater seringkali jadi pilihan bagi para penggemar film yang ingin menikmati tayangan box office di huniannya. Karena itu, tak heran jika perangkat home theater terus mengalami perkembangan dari sisi desain dan teknologi.

Namun begitu, luas ruangan di hunian tipe kecil, seperti rumah tipe 21, 23, 27 atau apartemen tipe studio bukanlah menjadi suatu halangan untuk mengaplikasikan perangkat home theater. Hal ini karena banyaknya perangkat home theater yang perlu di pasang di setiap sudut ruang.

Tapi tak perlu khawatir karena untuk dapat mengaplikasikan home theater tak harus memiliki luas bangunan yang besar. Nah, berikut ini tips menata home theater di tipe hunian kecil, seperti yang dihimpun dari berbagai sumber.

Petakan ruang tv

Pertama yang perlu Anda lakukan adalah petakan ruang tv, baik itu akan dipasang di dinding ataupun dengan menggunakan meja tv. Hal ini dilakukan agar mempermudah Anda ketika menentukan berapa kekuatan speaker yang harus dimiliki sekaligus ukuran layar tv yang digunakan. Bila ruang menonton film terbagi dengan ruang lainnya, seperti ruang makan yang bersebelahan maka sebaiknya Anda berikan penyekat sehingga mempermudah Anda dalam menata mini home theater.

Pilih dan letakan speaker

Selanjutnya, Anda bisa memilih speaker yang akan digunakan sebagai penunjang audio. Dalam ruang kecil sebaiknya Anda tidak perlu menggunakan speaker yang powerful. Pilih tipe 5.1, yang terdapat 5 speakers yang terhubung dalam 1 set untuk ruangan kecil. Bila Anda kurang memuaskan maka bisa memilih tipe 7.1 atau 9.1, tentunya harus disesuaikan dengan luas ruangan dan kebutuhan.

Tata pencahayaan

Untuk memberikan tontonan film yang jelas sebaiknya Anda perlu perhatikan tata pencahayaan dalam ruangan tersebut. Hindari sudut ruang yang terpapar sinar matahari secara langsung dari balik jendela atau ventilasi udara. Hal ini untuk menghindari terjadinya pantulan cahaya pada layar tv sehingga film yang Anda tonton bersama pasangan tetap terlihat jelas. Cara menyiasatinya pun Anda bisa menutup jendela dengan gorden berlapis. 

Pasang bass trap

Sudut-sudut dinding bisa membuat terciptanya suara gaung berlebih. Karena itu, penggunaan bass trap bisa jadi solusi untuk meredam gaung tersebut. Tak perlu membuat ruangan kedap suara yang bisa merogoh kocek berlebih. Cukup tutup bagian-bagian menyudut di ruang televisi dengan penggunaan bass trap, maka suara dari speaker akan menjadi lebih bagus dan menyeluruh.