28 November 2016 | 10.15 WIB
OneEast.co.id - Pergantian tahun dari 2016 ke 2017 tentu diiringi dengan berbagai perubahan tren, mulai dari pertumbuhan pasar investasi hingga potensi bisnis baru di tahun depan.
Potensi perubahan tren bisnis di tahun mendatang mungkin terjadi, karena hal ini sangat erat kaitannya dengan pertumbuhan perekonomian dunia. Baik itu dipengaruhi dengan isu-isu politik maupun perkembangan teknologi yang kian maju.
Dikutip dari laman Okezone.com, Senin (28/11/2016), usaha di bidang digital diprediksi pada 2017 akan memiliki prospek yang cukup besar. Hal ini karena dipengaruhi oleh pengguna internet yang kian berkembang setiap tahunnya.
Tercatat, dari data yang dihimpun oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) bahwa pengguna internet pada 2016 mencapai angka 137 juta pengguna dan kualitas jaringan pun semakin membaik. Maka dari itu, akan sangat sulit usaha yang tidak berbasis digital untuk bersaing pada 2017 mendatang.
Nah, berikut ini beberapa jenis usaha berbasis digital yang bisa jadi referensi Anda untuk mengembangkan pada 2017 mendatang.
Online shop
Pertumbuhan online shop di Indonesia diikuti dengan pertumbuhan teknologi yang kian maju. Bahkan, kini sangat mudah untuk dapat mengakses internet, cukup berbekal smartphone maka tiap orang langsung terhubung dengan dunia digital.
Faktor inilah yang membuat bisnis online shop yang diprediksi akan berkembang pada tahun mendatang. Terlebih, kini banyak online shop lokal maupun asing yang telah memiliki pasarnya masing-masing di konsumen Indonesia.
Maka dari itu, bila Anda telah memiliki usaha namun belum terkoneksi dengan online shop, sebaiknya persiapkan untuk persaingan dimasa mendatang agar terkoneksi dengan internet.
Media social marketing
Pada awalnya sosial media memang digunakan hanya sebatas untuk berkomunikasi dengan banyak orang melalui internet. Namun, seiring berkembangnya zaman telah membuat berbagai aplikasi sosial media sebagai salah satu promosi ampuh untuk memasarkan berbagai produk.
Salah satunya yang kini cukup populer sebagai media social marketing yakni selebriti Instgram atau dikenal dengan selebgram. Popularitas yang tinggi dengan jumlah follower (pengikut) terbanyak memberikan keuntungan besar jika memanfaatkan jasa selebgram untuk memasarkan produk, seperti pakaian hingga kosmetik.
Namun, untuk memanfaatkan tren media social marketing tak perlu menjadi selebgram, karena bila Anda memiliki produk yang ingin dipasarkan maka sebaiknya buatlah akun sosial media, seperti Facebook, Twitter, ataupun Instagram sesuai brand yang akan dipasarkan. Dengan begitu, melalui sosmed tersebut Anda dapat memasarkan berbagai produk dengan cara meng-upload berbagai foto produk dengan promosi yang ditawarkan.
Website Creator atau SEO
Biasanya, jasa pembuatan website akan sejalan dengan jasa search engine optimization (SEO). Hal ini disebabkan SEO sangat dibutuhkan agar website yang telah dibuat terlihat pada mesin pencari Google, sehingga berdampak pada penjualan produk ataupun branding merek.
Nah, bagi Anda yang memiliki keahlian mendesain web serta ahli dengan bahasa coding, maka mengembangkan usaha ini akan menjadi potensi besar yang kian tumbuh pada tahun mendatang. Terlebih, jika para pebisnis ingin bersaingi di tahun depan, maka salah satunya ada sarana untuk mengenalkan produk, melalui soft content ataupun hard content.
Tunggu apalagi, segera persiapkan bisnis berbasis digital pada 2017 mendatang. Karena diprediksi bisnis berbasis internet akan memberikan peluang Anda yang cukup luas.