Articles - Ekonomi

09 August 2019 | 10.19 WIB

Perkuat Permodalan, MNC Land Alokasikan dari Laba Tahun 2018

 

OneEast.co.id - MNC  Land sebagai perusahaan yang fokus pada pengembangan lifestyle property, hospitality, dan entertainment, selama 2018 telah membukukan laba bersih sebesar Rp 619,84 miliar.

Dikutip dari lama iNews.id, Komisaris Utama MNC  Land, M. Budi Rustanto dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) menetapkan penggunaan laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 619 triliun untuk permodalan perseroan. 

"Pada tahun 2018, MNC Land membukukan keuntungan sebesar Rp 619 miliar. Penggunaan keuntungan tersebut akan dibukukan sebagai dana cadangan dan sisanya untuk saldo laba," ucapnya saat public expose di iNews Tower, Jakarta, Senin (24/6/2019).

Ia melanjutkan, jumlah laba bersih tersebut sebanyak Rp 1 miliar akan dialokasikan untuk dana cadangan. Dana ini untuk memenuhi ketentuan Anggaran Dasar Perseroan dan UU Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.

Kemudian sisa laba bersih perseroan akan dibukukan sebagai saldo laba (retained earnings) untuk memperkuat struktur permodalan perseroan. Selanjutnya, direksi perseroan diberikan kewenangan untuk pembagian bonus yang telah dianggarkan untuk melaksanakan pembagian bonus tersebut.

"Kami memberikan wewenang kepada Direksi Perseroan untuk melakukan segala tindakan yang diperlukan sehubungan dengan pelaksanaan penggunaan laba bersih perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2018," tuturnya.

Kendati demikian pada Kuartal I 2019, MNC Land mencatatkan kinerja yang cemerlang di mana laba bersih perseroan naik 6 persen menjadi Rp 7,5 miliar dibandingkan kuartal I 2018 yang hanya Rp 7 miliar.

Pertumbuhan laba ini didorong oleh peningkatan pendapatan sebesar Rp 249 miliar, pada periode ini dibanding tahun sebelumnya yang hanya Rp186 miliar. Kemudian, pokok pendapatan perseroan naik menjadi sebesar Rp 148 miliar sepanjang kuartal I 2019 dibanding periode tahun sebelumnya sekitar Rp 97 miliar.