OneEast.co.id - Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa stres dalam bekerja dapat membawa dampak serius pada kesehatan fisik dan mental yang dialami pekerja. Dalam upaya untuk membantu orang menemukan kebahagiaan di tempat kerja, konsultan karier dan rekrutmen situs web CareerBliss baru-baru ini merilis daftar tahunan dari 50 perusahaan di Amerika Serikat (AS) yang paling bahagia bagi karyawan.

Perbedaan tersebut membedakan perusahaan AS yang berhasil membangun budaya dan lingkungan kerja positif yang lebih baik bagi karyawan mereka. Daftar ini termasuk perusahaan terkenal seperti American Express, Apple, Microsoft dan Nike, serta perusahaan besar dan menengah lainnya.

Untuk daftar perusahaan paling bahagia tahun ini, CareerBliss menganalisis data lebih dari 41.000 karyawan independen. CareerBliss meneliti hal tersebut yang mencakup pakar perilaku organisasi, psikologi, dan ilmu komputer, menetapkan 10 faktor kunci yang menentukan kebahagiaan di tempat kerja.

10 faktor tersebut yaitu budaya perusahaan, peluang pertumbuhan, tempat Anda bekerja, orang yang Anda tangani, penghargaan yang Anda terima, dukungan Anda, cara kerja, pengaturan kerja, penilaian CEO dan penilaian perusahaan secara keseluruhan.

"Data kami menunjukkan bahwa kebahagiaan dapat mempengaruhi produktivitas, loyalitas karyawan dan kesuksesan karyawan secara keseluruhan," kata CEO CareerBliss Heidi Golledge kepada CNBC Make It dalam sebuah pernyataan.

"Kebahagiaan di tempat kerja harus menjadi salah satu faktor pertama yang kita pertimbangkan saat memikirkan tentang siapa yang ingin kita kerjakan dan bagaimana kita ingin bekerja," imbuhnya seperti dikutip dari laman Okezone.com, Jumat (19/1/2018).

Golledge menambahkan, kebahagiaan adalah metrik yang dapat digunakan untuk membantu pengusaha dan karyawan sama-sama menentukan perusahaan terbaik untuk kebutuhan masing-masing.

Berikut daftar 10 perusahaan dengan karyawan paling bahagia, bersamaan dengan gaji rata-rata berdasarkan CareerBliss:

  1. Keller Williams Realty - Gaji rata-rata : USD 50.000
  2. Nike - Gaji rata-rata : USD 40.000
  3. Total Quality Logistics - Gaji rata-rata : USD 69.142
  4. Adobe Systems - Gaji rata-rata : USD 74.008
  5. Amgen Inc. - Gaji rata-rata : USD 75.000
  6. Intuit, Inc. - Gaji rata-rata : USD 81.730
  7. Bristol-Myers Squibb - Gaji rata-rata : USD 71.000
  8. PNC Financial Services Group, Inc. - Gaji rata-rata : USD 65.666
  9. TruGreen - Gaji rata-rata : USD 33.000